Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Lanjutkan Konstruksi Lima Ruas Tol Trans Sumatra

PT Hutama Karya (Persero) memastikan bahwa proyek pembangunan lima ruas tol di Trans Sumatra bakal dilanjutkan pada tahun ini.  

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) memastikan bahwa proyek pembangunan lima ruas tol di Trans Sumatra bakal dilanjutkan pada tahun ini.  

“Di tahun 2020, kami melanjutkan pembangunan diantaranya adalah ruas Padang-Pekanbaru, Binjai- Langsa, Sigli-Banda Aceh, Sp Indralaya-Muara Enim, Lubuk Linggau-Curup–Bengkulu,” ujar Corporate Secretary Hutama Karya Muhammad Fauzan, kepada Bisnis, Senin (3/2/2020).

Fauzan menyatakan bahwa pihaknya menargetkan bisa merampungkan pembangunan jalan tol Trans Sumatera tepat waktu yaitu pada 2024 dengan total panjang jalan tol 2.769 km.

Sementara itu, pada 2019 Hutama Karya telah mengoperasikan ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer. Dengan demikian, total panjang jalan tol Trans Sumatera yang beroperasi hingga 2019 mencapai 361,45 km.

“Di tahun 2020, Hutama Karya menargetkan tiga ruas tol yang akan beroperasi yaitu Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Km, Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 Km dan Medan Binjai sepanjang 17 Km,” tambahnya. 

Fauzan menambahkan salah satu hal yang masih menjadi kendala yang di hadapi Hutama Karya terkait pembangunan jalan tol Trans Sumatera adalah pembebasan lahan.

Menurutnya, jika terjadi kenaikan biaya investasi pada perhitungan awal salah satu ruas yang belum dibangun, maka akan dilakukan penyesuaian terhadap kenaikan biaya investasi tersebut. 

Sementara itu, Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Agita Widjajanto mengungkapkan tantangan terbesar dari penyelesaian konstruksi jalan tol ini memang terkait lahan. 

“Kendala mayoritas di pengadaan lahan,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper