Terminal Penumpang Teluk Nibung Putar Haluan ke Rute Domestik

Terminal penumpang Teluk Nibung Pelabuhan Tanjung Balai Asahan yang selama ini melayani penyeberangan ke Malaysia akan dialihkan menjadi terminal penumpang domestik setelah terminal modern beroperasi.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  18:55 WIB
Terminal Penumpang Teluk Nibung Putar Haluan ke Rute Domestik
Foto aerial Terminal Penumpang Teluk Nibung, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, di Tanjungbalai, Sumatra Utara, Selasa (19/2/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, TANJUNG BALAI - Terminal penumpang Teluk Nibung, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, yang selama ini melayani penyeberangan ke Malaysia akan dialihkan menjadi terminal penumpang domestik setelah terminal modern beroperasi. 


General Manager PT Pelindo I (Persero) Cabang Tanjung Balai Asahan Aulia Rahman Hasibuan mengatakan rute domestik yang akan dibuka mencakup Tanjung Balai Asahan ke Sei Berombang, Panipahan, Leidong, dan Labuhan Batu.


Selama ini, beberapa rute itu dilayani oleh pelabuhan tangkahan atau pelabuhan yang dimiliki oleh perusahaan lokal milik perorangan. Dari pelabuhan itu, penumpang diangkut menggunakan kapal-kapal kayu.


"Di Tanjung Balai Asahan sekarang ada dua tangkahan, yaitu untuk rute Tanjung Balai ke Panipahan dan ke Leidong. Tentunya nanti kami akan bicara dengan para pemilik tangkahan," kata Aulia, Rabu (20/2/2019).


Terminal penumpang existing seluas 600 meter persegi selama ini hanya melayani penyeberangan internasional, yakni Tanjung Balai Asahan menuju Port Klang dan Perak, Malaysia, dengan rata-rata jumlah penumpang 80 orang per hari dari kapasitas tampung terminal 300 orang.


Terminal yang dibangun pada 2010 itu dilengkapi fasilitas ruang imigrasi, bea dan cukai, mesin x-ray, ruang tunggu penumpang dalam dan ruang tunggu pengantar. 


Aktivitas itu mulai April akan dipindahkan ke terminal baru berkapasitas 800 orang yang berada tepat di sisi terminal existing. Terminal baru seluas 2.480 m2 itu dilengkapi dengan area check-in, bea dan cukai, imigrasi di area kedatangan dan keberangkatan, ruang VIP, ruang karantina, ruang tunggu penumpang, dan coffee shop.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
malaysia, pt pelindo i, pelabuhan tanjung balai asahan

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top