Titik Hub Terminal Tol Trans-Jawa Ditentukan Hari Ini

Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Jasa Marga, serta perwakilan perusahaan otobus (PO) hari ini melakukan survei tol Trans-Jawa untuk menentukan titik hub terminal di dalam tol.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  12:48 WIB
Titik Hub Terminal Tol Trans-Jawa Ditentukan Hari Ini
Tol Semarang/Batang, Trans Jawa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Jasa Marga, serta perwakilan perusahaan otobus (PO) hari ini melakukan survei tol Trans-Jawa untuk menentukan titik hub terminal di dalam tol.


Ketua Bidang Angkutan Orang Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kurnia Lesani Adnan menuturkan bahwa seusai pembicaraan pada Jumat (15/2/2019) akhir pekan lalu, Kemenhub bersama para pemangku kepentingan akan melanjutkan rencana pembentukan bus tol Trans-Jawa.

"Tindak lanjut pemerintah perihal bus Trans-Jawa, hari ini Kepala Subdirektorat Angkutan Orang [Kemenhub] bersama BPJT, Jasa Marga, Litbang Kemenhub, PUPR melakukan survei jalan [tol] Jakarta-Surabaya naik bus untukk melihat situasi dan titik yang tepat diperuntukkan jadi hub terminal," terangnya kepada Bisnis, Selasa (19/2/2019).


Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala BPJT Danang Parikesit, yang menyebut bagian operasional BPJT turut serta dalam rombongan tersebut. "Ya teman bidang operasi [yang berangkat]," imbuhnya.

Langkah ini merupakan bagian dari rencana pemerintah yang akan membentuk bus dengan trayek tol Trans-Jawa yang menghubungkan Jakarta--Surabaya tanpa putus.


Dalam skema yang disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, pemerintah bersama Jasa Marga berencana membentuk rest area di dalam tol yang berfungsi sebagai hub terminal bagi bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang menggunakan tol Trans-Jawa.


Terminal tersebut nantinya dapat digunakan untuk menaikturunkan penumpang dengan tambahan angkutan pengumpan yang akan mengangkut penumpang keluar masuk tol tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, Kemenhub, trans-jawa

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top