Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL LAUT & JEMBATAN UDARA: Presiden Ingin Terhubung Kawasan Industri & Sentra Logistik

Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar moda tol laut dan jembatan udara dapat terintegrasi dengan kawasan industri dan sentra logistik.
Presiden Joko Widodo. /Antara
Presiden Joko Widodo. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar moda tol laut dan jembatan udara dapat terintegrasi dengan kawasan industri dan sentra logistik.

Dalam pembukaan rapat terbatas mengenai Pengembangan Program Tol Laut dan Pos Logistik dan Jembatan Udara (Tol Udara), Jokowi mengatakan hal tersebut dimaksudkan agar penguatan konektivitas dapat menggerakkan ekonomi daerah secara maksimal.

"Sehingga lancar konektivitas antar daerah, tidak hanya membawa barang ke daerah pedalaman, terpencil dan terdepan, tapi sebaliknya mampu juga membawa balik barang-barang yang dihasilkan dari daerah tersebut ke daerah yang lain di seluruh pelosok Tanah Air," katanya di Kantor Presiden, Kamis (5/1/2017).

Kepala Negara menegaskan kembali bahwa prioritas pembangunan infrastruktur transportasi untuk menjalin konektivitas antarkota, antarprovinsi, antarkabupaten, antarpulau, dan antarwilayah.

Tujuan akhirnya adalah untuk pemerataan pembangunan serta mempersempit ketimpangan antar kota dengan desa, antar daerah dengan daerah, antar wilayah dengan wilayah di seluruh pelosok Tanah Air.

"Itu artinya kita tidak cukup hanya membangun pelabuhan dan bandara. Dan tidak cukup hanya menyediakan angkutan barang di laut maupun udara," katanya.

Namun, lanjutnya, harus juga dipastikan persoalan angkutan barang kebutuhan pokok dari dan ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan.

"Karena saudara kita di daerah tersebut bukan hanya harus membayar dengan harga berlipat, berpuluh kali lipat lebih mahal dari yang ada di Jawa, namun juga sering mengalami kesulitan dalam mendapatkan barang kebutuhan pokok," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper