Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kadin: Produk Unggulan Nasional Harus Bisa Mendunia

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong agar upaya pencapaian swasembada dibarengi dengan dorongan untuk menjadikan produk-produk unggulan nasional menjadi primadona di pasar dunia.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 12 Februari 2015  |  14:25 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto (ketiga kiri) bersama jajaran pengurus pusat Kadin, seusai audiensi dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Selasa (10/2/2015). - JIBI/Ana Noviani
Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto (ketiga kiri) bersama jajaran pengurus pusat Kadin, seusai audiensi dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Selasa (10/2/2015). - JIBI/Ana Noviani

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong agar upaya pencapaian swasembada dibarengi dengan dorongan untuk menjadikan produk-produk unggulan nasional menjadi primadona di pasar dunia. 

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan kemitraan antara pemerintah pusat dan daerah dengan ‎dunia usaha dan masyarakat harus terjalin dengan baik untuk mewujudkan swasembada pangan dalam 3-4 tahun ke depan. 

"Swasembada pangan yang berkelanjutan harus mendorong produk-produk unggulan menjadi primadona dunia," kata Suryo di sela Jakarta Food Security Summit Ke-3, Kamis (12/2/2015).

Swasembada pangan tiga komoditas pangan strategis, beras, jagung, kedelai, dan gula, imbuh Suryo, harus diikuti peningkatan produksi komoditi unggulan lain, seperti daging sapi, ayam, tuna, ikan air tawar, mangga, dan pisang. 

Kadin juga menegaskan, kedaulatan NKRI dan politik tidak akan ada artinya jika kebutuhan pangan lebih dari 250 juta penduduk tergantung pada negara lain. 

‎"Indonesia punya sumber daya cukup besar, maka harus dikelola secara maksimal agar dapat mencukupi kebutuhan dasar penduduknya, tidak dengan kebijakan instan dengan mengimpor," ujarnya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin indonesia produk unggulan Jakarta Food Security Summit
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top