Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Didorong Kembangkan Bisnis Waralaba

Surya University mendorong mahasiswa mengembangkan bisnis waralaba sebagai jalan untuk menjadi seorang entrepreneur andal
Ilustrasi/jibiphoto
Ilustrasi/jibiphoto

Bisnis.com, TANGERANG- Surya University mendorong para mahasiswanya untuk mengembangkan bisnis waralaba. Pasalnya, model bisnis tersebut dinilai sebagai salah satu jalan untuk menjadi seorang entrepreneur andal.

Martin Tjahjono, Direktur Center for Technopreneurship and Innovation (CTI) Surya University mengatakan dengan menjalankan sistem franchise, pelaku usaha dapat melebarkan sayap bisnisnya hingga ke berbagai daerah.

Hal tersebut terjadi karena ekspansi bisnis tidak hanya ditanggung satu perusahaan tetapi juga dikontribusi oleh penerima waralaba (terwaralaba/ franchisee). Kelebihan lainnya adalah mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi.

"Harapan kami, akan muncul franchiser muda Indonesia yang mampu bersaing dengan pihak asing sekaligus menopang perekonomian Indonesia dan membuka lapangan usaha baru," ucapnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, (30/10/2013).

Gan Budi Santoso, Franchise Senior Manager PT Indomarco Prismatama menambahkan bahwa bisnis dengan model franchise dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

Melalui franchise, ujarnya, pelaku usaha dapat mengembangkan bisnis secara masif dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan bentuk bisnis tradisional lainnya

"Tidak mengherankan beberapa dekade terakhir, banyak perusahaan di Indonesia yang mulai menerapkan bisnis dengan sistem franchise,” tuturnya.

Besarnya potensi pasar di Indonesia seiring dengan meningkatnya daya beli serta pesatnya pertumbuhan masyarakat kelas menengah Indonesia beberapa tahun belakangan ini turut menarik franchise asing melebarkan sayapnya ke negara ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper