Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap! MLFF Segera Diterapkan di Jalan Tol RI, Ini Bocorannya

Kementerian PUPR menyampaikan kabar terbaru terkait dengan rencana penerapan sistem MLFF di Jalan Tol Indonesia. Berikut bocorannya.
Sejumlah kendaraan melintasi gerbang tol Cilandak Utama untuk melakukan transaksi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah kendaraan melintasi gerbang tol Cilandak Utama untuk melakukan transaksi di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan sistem bayar tol nirsentuh tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Bali Mandara akan diimplementasikan pada akhir 2024.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, menjelaskan pihaknya baru saja bertolak ke Hungaria dalam rangka membahas dukungan teknis jelang implementasi transisi MLFF menjadi Single Lane Free Flow (SLFF) di Bali.

“[Hasil pertemuannya] Bagus, kita koordinasi dengan mereka. Intinya kedua belah pihak ya baik kita dengan Hungaria sepakat untuk mempercepat pelaksanaan MLFF,” kata Triono saat ditemui di Menara Mandiri 2, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Yongki menuturkan implementasi sistem MLFF di Jalan Tol Bali Mandara akan dilakukan secara paralel dan akan dimulai pada akhir tahun. Nantinya, penerapan konsep transisi akan dimasukkan ke dalam kontrak baru yang akan diteken bersama Roatex Indonesia Toll System (RITS) selaku badan usaha pelaksana (BUP).

Menurutnya, apabila implementasi MLFF di Bali berjalan lancar, maka proses penerapan sistem akan diperluas pada 6 ruas utama lainnya. Sejumlah ruas yang dimaksud yaitu Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam), Tol Jagorawi dan Tol Jakarta – Cikampek (Japek).

Kemudian, Jalan Tol Soedijatmo, Tol Dalam Kota, dan Tol Ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 juga masuk ke dalam daftar ruas tol yang bakal mengimplementasikan MLFF lebih awal di masa transisi. 

“Target kita diharapkan tadinya kan di akhir tahun ini bisa start. Tapi, hal-hal teknis itu harus dipersiapkan jadi nanti ada pembahasan teknis mendetailkan poin-poin yang sudah pernah kita sepakati tapi detailnya kita bahas secara rinci dan akan masuk dalam kontrak,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengaku optimistis implementasi MLFF bakal mulai berlaku pada tahun ini.

Basuki menegaskan, nantinya penerapan sistem MLFF di Bali akan dilakukan menggunakan barrier atau portal penghalang pada gardu tol. 

Adapun, hal itu dilakukan guna meminimalisir kemungkinan hilangnya pengumpulan tarif jalan tol yang akan diterima oleh badan usaha jalan tol (BUJT).

"Saya berharap dan yakin MLFF ini akan diimplementasikan tahun ini, tapi mungkin tidak langsung MLFF tapi SLFF," jelas Basuki.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper