Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Dadan Hindayana, Dosen IPB yang Jadi Kepala Badan Gizi Nasional

Jokowi resmi melantik Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional pada hari ini, Senin (19/8/2024) di Istana Negara, Jakarta. Berikut profilnya.
Dadan Hindayana resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Gizi Nasional, Senin (19/8/2024) di Istana Negara, Jakarta - Youtube Setpres.
Dadan Hindayana resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Gizi Nasional, Senin (19/8/2024) di Istana Negara, Jakarta - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional pada hari ini, Senin (19/8/2024) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Kepala Badan Gizi Nasional dilakukan usai Jokowi membentuk Badan Gizi Nasional yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 83/2024 yang terbit dan diundangkan pada 15 Agustus 2024.

Adapun, pembentukan Badan Gizi Nasional ini yakni dalam rangka memenuhi gizi nasional di mana pemerintah perlu melakukan upaya untuk mengatur tata kelola tercukupinya konsumsi yang aman dan bergizi bagi masyarakat. 

Lembaga baru ini memiliki beberapa fungsi utama dalam menjalankan tugasnya. Pertama, melakukan koordinasi, perumusan, dan penetapan kebijakan teknis di berbagai bidang, termasuk sistem dan tata kelola, penyediaan dan penyaluran gizi, promosi dan kerja sama, serta pemantauan gizi nasional. 

Kedua, mengoordinasikan dan melaksanakan kebijakan teknis yang berkaitan dengan sistem dan tata kelola, serta pemantauan dan pengawasan pemenuhan gizi di seluruh Indonesia. Ketiga, memberikan pembinaan dan dukungan administrasi kepada seluruh organisasi di lingkungan Badan Gizi Nasional. 

Keempat, bertanggung jawab atas pengelolaan barang milik negara yang berada di bawah wewenangnya. Kelima, badan ini juga akan memberikan dukungan substantif kepada seluruh organisasi terkait. 

Badan Gizi Nasional juga akan melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan badan tersebut dan melaksanakan fungsi lain yang ditugaskan oleh Presiden.

Profil Dadan Hindayana

Lantas, siapa itu Dadan Hindayana? Pria kelahiran Garut, Jawa Barat ini pernah menempuh pendidikan Strata 1 di IPB dan lulus pada 1990. Dia kemudian menyelesaikan pendidikannya di Leibniz University Hannover dan University of Bonn di Jerman.

Tidak banyak informasi yang beredar mengenai Dadan. Melansir laman datadikti, Senin (19/8/2024), saat ini, Dadan merupakan dosen di Fakultas Pertanian, program studi Entomologi - S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan karya tulisnya kerap masuk dalam jurnal-jurnal ilmu pengetahuan. 

Adapun, jabatan fungsional Dadan saat ini adalah sebagai lektor dan dosen tetap di IPB.

Untuk diketahui, Dadan Hindayana dilantik bersamaan dengan dua pejabat lainnya yang diangkat oleh Jokowi hari ini, yaitu Kepala Kantor Komunikasi Presiden Hasan Nasbi serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Taruna Ikrar.

"Memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Mengangkat masing-masing [...] Saudara Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional," demikian bunyi Keputusan Presiden (Keppres) yang dibacakan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Kemudian, dalam Keppres yang sama, Dadan dan para pejabat yang dilantik diberikan hak keuangan serta fasilitas lainnya setingkat menteri.

Selain itu, Jokowi juga melantik3 menteri baru yaitu yaitu Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rosan P. Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, dan Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkhumham). 

Daftar menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang dilantik pada hari ini Senin (19/8/2024):

1. Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM

2. Supratman Andi Agtas jadi Menkumham

3. Rosan Roeslani jadi Menteri Investasi

4. Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi

5. Hasan Nasbi jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

6. Angga Raka Prabowo Jadi Wamenkominfo

7. Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper