Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelni Ganti 3 Kapal Tua Pakai PMN Rp1,5 Triliun, Begini Prosesnya

PT Pelni mengungkap perkembangan terbaru terkait pembelian 3 kapal baru untuk peremajaan armada perusahaan.
Ilustrasi Kapal Pelni./ Dok. Pelni
Ilustrasi Kapal Pelni./ Dok. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengungkap perkembangan terbaru terkait pembelian 3 unit kapal baru dalam rangka peremajaan armada perusahaan setelah resmi menerima Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk 2024 senilai Rp1,5 triliun.

Direktur Utama Pelni, Tri Andayani menjelaskan, saat ini proses pembelian kapal baru ini masih berada di tahap awal, yakni pemilihan konsultan desain kapal. Dia menuturkan, konsultan tersebut nantinya akan membantu Pelni dalam merancang kapal penumpang yang akan dibeli sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Untuk proses pemilihan konsultan sampai desainnya selesai itu kita proyeksikan membutuhkan waktu sekitar 8 bulan," kata wanita yang akrab disapa Anda, dikutip Jumat (2/8/2024).

Anda menuturkan, saat ini perusahaan belum memiliki jadwal atau timeline pasti terkait target kedatangan kapal-kapal baru tersebut. Dia menyebut, timeline baru dapat disusun setelah perusahaan mendapat jadwal pasti cairnya PMN dan menerima dana tersebut.

Dia menyebut, waktu pengerjaan satu unit kapal umumnya akan membutuhkan waktu sekitar 2 tahun. Waktu tersebut tidak termasuk 8 bulan yang dilakukan perseroan untuk memilih konsultan desain kapal.

Dia memaparkan, dengan asumsi PMN cair ke Pelni pada Desember 2024, perseroan kemungkinan akan menyelesaikan proses pemilihan konsultan serta desain kapal pada akhir 2025. Setelahnya, proses pembuatan kapal pesanan Pelni pun kemungkinan akan dimulai pada awal 2026.

"Kalau 2026 mulai bikin, berarti akhir 2028 itu sudah selesai. Sehingga, paling cepat itu kapal sudah bisa digunakan awal 2029," jelas Anda.

Anda melanjutkan, Pelni juga telah menjajaki pembuatan kapal ini ke beberapa Negara Di kawasan Eropa dan Asia. Dia juga memastikan, pengadaan kapal akan dilaksanakan secara transparan melalui proses tender berpedoman pada tata kelola perusahaan yang baik.

Sebelumnya, Anda menyebut, 3 unit kapal baru penumpang tersebut untuk menggantikan kapal-kapal penumpang Pelni yang usianya sudah melebihi usia teknisnya, yaitu 30 tahun.

Dia menuturkan, kapal-kapal yang akan diganti sesuai urutan umur tertua kapal yang dimiliki oleh Pelni, yaitu Kapal Umsini dan Kapal Kelimutu yang telah berusia 39 tahun serta Kapal Lawit yang telah berusia 38 tahun pada 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper