Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Basuki Bocorkan Rencana Investasi Bos Properti Burj Khalifa di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membocorkan rencana investasi Emaar Properties, pengembang gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa, di IKN.
Progres pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kaltim, Senin (6/5/2024) - (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)
Progres pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kaltim, Senin (6/5/2024) - (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono membocorkan rencana investasi Emaar Properties di IKN.

Emaar Properties merupakan pengembang yang membangun gedung tertinggi di dunia, yakni Burj Khalifa. Perusahaan ini milik konglomerat Mohamed Rashed Alabbar yang baru-baru ini datang berkunjung ke IKN.

"Kalau menurut Presiden, menurut Pak Erick Thohir juga yang mengantarkan [Alabbar berkunjung ke IKN] ke financial center [minat investasinya]," tuturnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (8/6/2024).

Basuki menegaskan, financial center yang dimaksud merupakan sebuah sentra bisnis distrik seperti halnya Sudirman Central Business District (SCBD) yang ada di Jakarta.

Sejalan dengan hal itu, Basuki menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera membentuk tim yang akan dipimpin oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Investasi untuk menindaklanjuti minat investasi bos properti asal Uni Emirat Arab tersebut.

"Itu Pak Presiden mau kirim tim dipimpin Kementerian BUMN dan Investasi dan diminta juga ada anggota IKN akan dikirim tim ke Abu Dhabi untuk ketemu beliau [Rashed Alabbar] lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat memberi sinyal bahwa pemerintah akan segera meneken kerja sama investasi bersama Emaar Properties untuk IKN.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam agenda seremoni groundbreaking Astra Biz Center dan Botanical Garden oleh PT Astra International Tbk. (ASII) dan Konsorsium Nusantara.

"Beliau [bos Emaar Properties Ali Rashed Alabbar]  kita bawa ke Nusa Dua ke Mandalika, ke Labuan Bajo, bawa lagi ke sini Nusantara baru ke Jakarta ketemu saya," jelas Jokowi dalam siaran langsung Sekretariat Presiden, Selasa (4/6/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengaku telah melakukan negosiasi investasi dengan Alabbar selaku Bos Emaar Properties yang diindikasikan berminat untuk menanamkan modalnya ke IKN. Bahkan, Jokowi mengaku investasi tersebut ditargetkan bakal mulai diteken pada Juli 2024.

"Dia [Alabbar] langsung komitmen, tapi gak saya sebut angkanya karena belum ditandatangani. Betul tapi gede banget [komitmen investasinya], kita tandatangani insyaallah nanti di bulan Juli di Abu Dhabi atau Dubai," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper