Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gibran Punya Strategi Naikkan Kasta Bandara Adi Soemarmo Lagi

Bandara Adi Soemarmo yang terletak di Boyolali (perbatasan Solo) "turun kasta" dari bandara internasional menjadi bandara domestik.
Gibran Rakabuming Raka/Bisnis-Anshary
Gibran Rakabuming Raka/Bisnis-Anshary

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Adi Soemarmo yang terletak di Boyolali (perbatasan Solo) "turun kasta" dari bandara internasional menjadi bandara domestik.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan bahwa bandara-bandara yang turun kasta ini dicabut statusnya sebagai Bandara Internasional lantaran sebenarnya hanya menangani penerbangan domestik.

"Beberapa bandara internasional hanya melayani penerbangan jarak dekat dari/ke satu atau dua negara saja," katanya dalam siaran pers, Jumat (26/4/2024).

Dia menambahkan bandara internasional lainnya hanya beberapa kali melakukan penerbangan internasional, bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki pelayanan penerbangan internasional.

Wali Kota Solo sekaligus Wapres Terpilih Indonesia, Gibran Rakabuming Raka, menanggapi tentang turun kastanya Bandara Adi Soemarmo ini.

Meski demikian, Gibran mengatakan bahwa dirinya sudah memiliki strategi untuk menaikkan kemnali "kasta" Bandara Adi Soemarmo.

Gibran mengatakan Solo telah menjadi bagian Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UCCN). Kota Solo juga telah mengajukan menjadi tuan rumah WCCE tahun depan.

Dengan konsisten mengadakan event internasional, Gibran yakin Bandara Adi Soemarmo akan kembali melayani penerbangan internasional sehingga statusnya bisa kembali.

“Pokoknya kami konsisten menjadi tuan rumah event internasional kayak kemarin ada piala dunia dan lain-lain. Saya kira optimis tingkat kunjungan wisatawan tidak turun,” jelas dia seperti dilansir dari Solopos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper