Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Bandara Adi Soemarmo Tetap Jadi Favorit Jemaah Haji meski "Turun Kasta"

Adi Soemarmo tetap menjadi "favorit" jemaah Haji untuk terbang ke Mekkah, Arab Saudi, meski statusnya telah diturunkan oleh Kemenhub.
Sejumlah jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) sembilan embarkasi Palembang berjalan menuju pesawat  di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Senin (5/6/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Sejumlah jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) sembilan embarkasi Palembang berjalan menuju pesawat di Bandara Internasional Sultan Mahmud Baddarudin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Senin (5/6/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Adi Soemarmo tetap menjadi bandara "favorit" jemaah Haji untuk terbang ke Mekkah, Arab Saudi, meski statusnya telah diturunkan oleh Kemenhub.

Sebagaimana diketahui, Kemenhub telah menurunkan status Bandara Adi Soemarmo yang terletak di Boyolali menjadi bandara domestik.

Meski demikian, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu mengatakan salah satu pelayanan yang akan tetap dilakukan yakni untuk pelaksanaan haji tahun ini.

Hal tersebut mengacu pada Keputusan Menteri Agama Nomor 152 Tahun 2024 tentang Embarkasi dan Debarkasi Tahun 1445 H/2024 M.

Keputusan Menteri Agama tersebut telah menetapkan penerbangan haji tahun 2024 untuk Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan DIY tetap dilaksanakan melalui Bandara Adi Soemarmo.

"Dengan demikian, untuk penerbangan haji tahun ini tetap dilaksanakan melalui Bandara Adi Soemarmo," katanya.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY juga telah memastikan belum ada perubahan lokasi keberangkatan bagi jemaah calon haji (JCH) wilayah setempat yang akan menuju Mekkah, Arab Saudi menyusul diturunkannya status Bandara Adi Soemarmo Solo menjadi bandara domestik. 

Ada satu alasan mengapa Bandara Adi Soemarmo masih menjadi favorit penerbangan calon jemaah haji Indonesia.

Salah satunya yakni karena Adi Soemarmo mulai tahun ini akan sudah dilengkapi dengan fasilitas fast track Mekkah Route untuk memudahkan calon jemaah haji.

Apa itu fast track Mekkah Route?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper