Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik Lebaran, 18.500 Penumpang Kembali ke Jakarta via Stasiun Pasar Senen

Jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Pasar Senen pada hari ini menjadi yang terbanyak di bandingkan dengan sejumlah stasiun di wilayah Jabodetabek.
Suasana Stasiun Senen membludak saat arus balik mudik Lebaran, pada Minggu (14/4/2024)./Bisnis-Erta Darwati
Suasana Stasiun Senen membludak saat arus balik mudik Lebaran, pada Minggu (14/4/2024)./Bisnis-Erta Darwati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sebanyak 18.500 penumpang kereta api jarak jauh bakal memadati  Stasiun Pasar Senen hari ini, Senin (15/4/2025).

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyebut jumlah penumpang yang tiba di Stasiun Pasar Senen pada hari ini tersebut menjadi yang terbanyak di bandingkan dengan sejumlah stasiun di wilayah Jabodetabek.

"Secara total pada hari ini, Senin 15 April 2024 terdapat sekitar 47.613  pengguna yang tiba. Dari jumlah tersebut 18.500 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen," tuturnya saat dihubungi Bisnis, Senin (15/4/2024).

Ixfan merinci 15.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 5.600 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.650 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Pada kesempatan yang sama, Ixfan menegaskan bahwa jumlah penumpang yang bergerak menuju Jakarta tersebut mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan dengan periode normal.

Sejalan dengan hal itu, KAI Daop 1 Jakarta menyebut pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang.

"Sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun," tuturnya.

Adapun, manajemen KAI menyebut masa angkutan lebaran 2024 dimulai pada 31 Maret (H-10) hingga 21 April (H+10). Di mana, secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 966.976 tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.691 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 393 KA yang tiket nya sudah dapat dipesan sejak Rabu 06 Maret 2024.

"KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper