Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSD Jadi PSN, Menhub: Pemerintah akan Beri Banyak Kemudahan

Pengembangan BSD bakal mendapatkan banyak kemudahan usai resmi ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN) oleh Presiden Jokowi.
Tengara BSD City di kawasan Bumi Serpong Damai. BSD City merupakan salah satu proyek yang digarap oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk./bsdcity.com
Tengara BSD City di kawasan Bumi Serpong Damai. BSD City merupakan salah satu proyek yang digarap oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk./bsdcity.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memastikan pengembangan kawasan PT Bumi Serpong Damai Tbk. atau BSD (BSDE) akan banjir dukungan dari pemerintah.

Hal itu dikarenakan, saat ini pengembangan BSD telah resmi ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Selamat kami sampaikan kepada BSD karena dengan predikat PSN maka banyak sekali kemudahan yang akan diberikan oleh pemerintah," kata Budi saat ditemui Kawasan BSD, Sabtu (31/3/2024).

Seiring dengan penyematan status PSN tersebut, BSDE terpantau langsung tancap gas melakukan pembangunan di Kawasan BSD salah satunya melalui pembangunan Stasiun Baru Jatake yang berlokasi di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Di mana, dalam laporannya BSDE bakal mengucurkan dana hingga Rp100 miliar untuk mendukung pembangunan infrastruktur konektivitas yang berlokasi di kawasan BSD tersebut.

"Harapan kami, di tanah seluas 2.400 meter dengan luas bangunan mencapai 3.000 meter, Stasiun Jatake dapat menjadi TOD yang juga akan mendukung penyematan status PSN yang baru-baru ini diberikan pada BSD," ujarnya.

Pada saat yang sama, Direktur BSDE, Syukur Lawigena, menyebut pembangunan Stasiun Jatake merupakan kelanjutan komitmen Sinar Mas Land dalam mentransformasi BSD City menjadi integrated smart digital city dengan menambah konektivitas serta aksesibilitas transportasi kereta listrik.

Dia menuturkan, kajian terkait pengembangan Stasiun Jatake telah dilakukan jauh sebelum penetapan PSN diberikan pemerintah kepada PT Bumi Serpong Damai.

"Sebelum PSN ditentukan ini sudah dimulai lebih dahulu, jadi seperti yang disampaikan oleh Pak Menteri tadi, beliau sudah mendahului peninjauan sebelum PSN ditetapkan," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pengembangan Kawasan BSD telah mendapat persetujuan Jokowi sebagai PSN pada 18 Maret 2024. Di mana, perkiraan nilai investasi dari PSN BSD tembus sebesar Rp18,54 triliun. 

Dalam laporannya, pengembangan Kawasan Terpadu BSD dilakukan di luas area sekitar 59,6 hektare yang akan difokuskan pengembangan wilayahnya pada  pada Pendidikan - Biomedical - Digital.  

Di samping itu, Kawasan ini nantinya juga akan dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Perinciannya, untuk pengembangan Biomedical Area di BSD ditargetkan sampai dengan 30 tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper