Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Masalah, Ini Daftar Insiden Pesawat Boeing dalam 3 Bulan Terakhir

Dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan terakhir, pesawat Boeing tercatat mengalami sejumlah insiden. Berikut ini daftarnya.
Boeing 737-8. /Boeing
Boeing 737-8. /Boeing

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan terakhir, pesawat Boeing tercatat mengalami sejumlah insiden. Kondisi ini pun tengah diselidiki oleh lembaga Federal Aviation Administration (FAA). 

Laporan dari Reuters, dikutip Minggu (17/3/2024) menyebutkan bahwa hasil audit FAA menunjukkan pesawat jenis 737 MAX Boeing gagal pada 33 dari total 89 pengujian dalam proses produksi. 

Dalam hal ini, Boeing dilaporkan gagal dalam pengujian komponen panel yaitu door plug. Tak hanya itu, badan pesawat (fuselage) untuk seri MAX, Spirit AeroSystems hanya lolos pada 6 dari total 13 audit yang ada, sementara 7 lainnya gagal.

Pada awal 2024, sejumlah insiden fatal pesawat Boeing terjadi, salah satunya masalah teknis pada Boeing 789-9 Dreamliner yang berangkat dari Sydney ke Auckland. Kesalahan teknis menyebabkan 50 orang mengalami luka. 

Dari kasus-kasus yang terjadi beberapa waktu terakhir ini juga membuat FAA sempat melarang penerbangan Boeing 737 Max 9 lantaran banyaknya insiden yang terjadi pada jenis pesawat tersebut. 

Berikut Daftar Insiden Pesawat Boeing:

1. Insiden Bodi Berlubang pada Boeing 737 Max 9

Pada 5 Januari 2024 lalu, penerbangan Alaska Air 1282 menggunakan Boeing 737 Max 9 membawa 171 penumpang dan 6 kru dari Portland ke Ontario, California. Pesawat mengalami masalah tekanan udara saat penerbangan.

Insiden tersebut terjadi lantaran bagian depan sebelah kiri badan pesawat terlepas saat di udara dan menimbulkan sebuah lubang seukuran pintu. Pesawat pun kembali ke Portland 20 menit usai takeoff dan berada di ketinggian sekitar 16.000 kaki atau 4.800 meter.

Kejadian ini membuat sejumlah maskapai dari Amerika hingga Turki mengandangkan pesawat jenis tersebut untuk melakukan inspeksi. Alaska Airline batal menerbangkan 65 pesawat jenis tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper