Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Selidiki Hilangnya Komponen Pesawat Boeing 737 United Airlines

Departemen Transportasi Amerika Serikat (FAA) menyelidiki hilangnya komponen pesawat Boeing 737-800 milik United Airlines.
Pesawat maskapai penerbangan United Airlines/Reuters
Pesawat maskapai penerbangan United Airlines/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Departemen Transportasi Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA) tengah menyelidiki United Airlines Holdings Inc. (UAL.O) terkait dengan menghilangnya komponen eksternal pesawat Boeing 737-800 sebelum mendarat di Oregon. 

Melansir Reuters, Minggu (17/3/2024) pesawatUnited Flight 433 tersebut mendarat dengan selamat di Bandara Medford pada Jumat (15/3/2024) pukul 14.45 waktu setempat. Pesawat itu membawa 139 penumpang dan 6 awak setelah berangkat dari San Francisco. 

Setelah mendarat, maskapai penerbangan memeriksa pesawat berusia 25 tahun itu dan mengungkap bahwa terdapat panel yang menghilang. Pihak maskpai United Airlines juga akan melakukan penyelidikan. 

Di sisi lain, United Airlines memastikan tidak ada keadaan darurat yang diumumkan karena tidak ada indikasi kerusakan selama penerbangan.

“Kami akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pesawat tersebut dan melakukan semua perbaikan yang diperlukan sebelum kembali beroperasi," kata maskapai itu dalam keterangannya.

Pihak Boeing menolak berkomentar terkait insiden tersebut dan mengarahkan pertanyaan ke United Airlines terkait dengan penggunaan pesawat yang diproduksi pada akhir 1998 itu.

Diberitakan sebelumnya, The Rogue Valley Times melaporkan foto pesawat Boeing dengan panel yang hilang. Lalu lintas sempat dihentikan sementara di bandara untuk mencari panel tersebut.

Tak hanya sekali, kasus hilang komponen pesawat Boeing 777-200 yang dioperasikan Amerika Serikat menuju Jepang kehilangan ban setelah lepas landas dari San Francisco dan dialihkan ke Los Angeles di mana ban tersebut mendarat dengan selamat.

Pada awal Maret lalu, sebuah United Boeing 737 menuju Florida berangkat dari Houston kembali ke bandara tak lama setelah lepas landas setelah mesin menelan beberapa bungkus plastik  yang ada di lapangan terbang sebelum keberangkatan hingga api keluar dari mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper