Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Pertebal Stok LPG 3 Kg di Pantura-Madura Jelang Pemilu

PT Pertamina Patra Niaga menambah pasokan LPG 3 kg di tingkat agen dan pangkalan untuk kabupaten/kota di Pantura-Madura Jawa Timur jelang Pemilu 2024.
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga menambah pasokan LPG 3 kg di tingkat agen dan pangkalan untuk kabupaten/kota di Pantura-Madura Jawa Timur jelang Pemilu 2024.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan, terdapat penambahan pasokan sebanyak 969 metrik ton (MT) atau sebesar 47,7% dari konsumsi normal harian sebesar 2.031 MT.

Selain itu, penambahan dilakukan untuk Kabupaten Bondowoso, Jember, dan Lumajang total sebesar 124 MT atau sebesar 8,1% dibanding konsumsi normal harian pada tiga kabupaten tersebut.

Menurut Ahad, penambahan pasokan LPG 3 kg pada kota/kabupaten tertentu di Jawa Timur berdasarkan proyeksi kenaikan konsumsi dan pemantauan konsumsi beberapa pekan terakhir.

“Kabupaten/kota lainnya yang tidak ada penambahan stoknya dirasa cukup melihat tidak ada kenaikan konsumsi yang cukup berarti selama beberapa hari libur tanggal merah ini dan stok di agen dan pangkalan daerah tersebut dalam kondisi mampu memenuhi kebutuhan beberapa hari kedepan,” ujar Ahad melalui siaran pers, dikutip Senin (12/2/2024).

Ahad menegaskan bahwa stok LPG di Jawa Timur dalam kondisi sangat aman. “Jumlah di atas adalah extra dropping untuk agen/pangkalan, sedangkan untuk Jatim dinaungi oleh tiga storage LPG utama, yakni Surabaya, Gresik dan Banyuwangi total ketiganya mencapai 15.372 MT dengan konsumsi rata-rata harian sebesar 4.035 metrik ton/hari,” imbuhnya.

Untuk BBM jelang pemilu ini, kata Ahad, tidak ada kenaikan konsumsi signifikan. Namun, Pertamina tetap mempertebal stok untuk seluruh SPBU se-Jatimbalinus sebesar 2% untuk gasoline (bensin) dan 3% untuk gasoil (diesel) karena berdasarkan proyeksi kenaikan konsumsi tidak terlalu signifikan, yakni 0,9% untuk gasoline dan 1,3% untuk gasoil.

“Masyarakat kami imbau untuk membeli LPG 3 kg di pangkalan resmi Pertamina menggunakan KTP mengikuti edaran pemerintah demi menyukseskan program Subsidi Tepat LPG 3 kg. Agar kondisi penyebab kelangkaan bisa diminimalisir. Untuk BBM, kami imbau untuk transaksi cashless di SPBU agar mempercepat antrean dan guna menambah kenyamanan kami sediakan beragam promo menarik melalui aplikasi MyPertamina,” pungkas Ahad.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso memastikan bahwa pasokan BBM, avtur, dan LPG secara nasional sangat mencukupi dan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa liburan dan jelang Pemilu 2024.

"Pertamina berkomitmen memberikan layanan penuh dengan menyiagakan seluruh sarana dan fasilitasnya untuk melayani kebutuhan energi masyarakat,"ujar Fadjar.

Adapun, Pertamina saat ini menawarkan promo bonus e-voucher MyPertamina sebesar Rp 15.000, double points, dan cashback OVO 5% untuk transaksi Pertamax dan Dex Series lewat aplikasi MyPertamina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper