Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruas Tol Cijago Tersambung Penuh, Akses ke Bandara Soetta Makin Gesit!

Ruas tol sepanjang 14,64 kilometer (KM) tersebut sudah mulai bisa dilalui sejak Jumat (22/12/2023).
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT

Bisnis.com, JAKARTA - PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) mengungkap Jalan tol Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi 3B ruas Jc Krukut - Limo resmi telah dioperasikan tanpa tarif.

Direktur Operasi PT TLKJ, Alfiandra menegaskan bahwa ruas tol sepanjang 14,64 kilometer (KM) tersebut sudah mulai bisa dilalui sejak Jumat (22/12/2023).

"Tahap terakhir konstruksi Jalan Tol Cijago Seksi 3B sepanjang 2,19 Km sudah selesai dilaksanakan. Jalan Tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut – Cinere sudah dinyatakan lulus Uji Laik Fungsi dan sudah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) serta SK Operasi dari Kementrian PUPR pada tanggal 2 Oktober 2023," jelas Alfiandra dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (23/12/2023).

Alfiandra juga menambahkan, dengan diselesaikannya Tol Cijago Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung termasuk Tol Serpong-Cinere. Alhasil, relasi ini dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah ditopang tol lingkar dalam kota dan Jaringan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol lainnya.

Jalan Tol Cijago terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung pada Junction Cimanggis. 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (PT CSJ) selaku pengelola ruas Tol Cinere - Serpong menyebut bahwa ruas tol Pamulang - Cinere akan terintegrasi dengan ruas Tol Cijago Seksi 3B.

Seiring dengan hal itu, waktu tempuh yang diperlukan pengendara untuk menuju Bandara Soekarno Hatta dari Cimanggis hanya sekitar 30 menit saja.

"50 kilometer itu let's say di kecepatan 80 km, dari Cimanggis ke Bandara mungkin bisa 20-30 menit," jelasnya saat ditemui di Jalan Tol Serpong - Cinere beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, di sisi barat Jalan Tol Cijago terhubung dengan Jalan Tol Depok - Antasari menuju ke Blok M ataupun Sawangan yang terintegrasi di Junction Krukut serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran, dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.  

Meskipun telah beroperasi penuh,  tarif Tol Cijago selama momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) masih diberlakukan dengan tarif eksisting atau tarif lama sebesar Rp 9.000 sampai waktu yang akan ditentukan kemudian. 

"Saat pengoperasian penuh Jalan Tol Cijago, sudah tidak ada lagi kanalisasi, khususnya di pintu keluar Kukusan serta seluruh ramp di Krukut Junction akan dibuka," pungkas Alfiandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper