Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik! Jalan Tol Cijago Segera Tersambung Penuh

Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) segera tersambung penuh dengan rampungnya pembangunan seksi 3B Krukut-Limo.
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan tol Cinere - Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Krukut - Limo selesai melakukan proses uji laik fungsi dan siap beroperasi dalam waktu dekat.

Mengutip laman Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, operasional ruas Krukut - Limo nantinya akan menjadi pelengkap sejumlah ruas tol Cijago yang telah beroperasi.

Direktur Operasi PT Translingkar Kita Jaya, Alfiadra menyatakan bahwa Jalan Tol Cijago mempunyai posisi strategis menghubungkan wilayah barat dan timur dari tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. 

“Untuk jaringan jalan tol, Cijago menghubungkan beberapa jalan tol. Di timur menghubungkan Tol Jagorawi dan tol Cimanggis-Cibitung, di barat tol Cinere-Jagorawi menuju ke Blok M ataupun Sawangan arah Bogor dan menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Serpong-Kunciran, Kunciran-Bandara Soekarno Hatta. Apabila seksi 3B sudah beroperasi, maka semua bisa terkoneksi,” kata Alfiadra, dikutip Rabu (15/11/2023).

Sebagai informasi, Tol Cijago memiliki total panjang 14,64 kilometer (km). Jalan tol ini terdiri dari tiga seksi, yakni Seksi 1 (Jagorawi–Raya Bogor) sepanjang 3,70 km (termasuk Junction Cimanggis), telah beroperasi sejak 2012 dan Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) sepanjang 5,50 km telah beroperasi sejak November 2019.

Kemudian, Seksi 3A (Kukusan–Krukut) sepanjang 3,25 km telah beroperasi tahun 2022 dan Seksi 3B (Krukut-Limo) sepanjang 2,19 km yang saat ini siap beroperasi dalam waktu dekat.

Seiring dengan rencana pengoperasian tersebut, Deputi Pimpinan Proyek PT Translingkar Kita Jaya, Dekstia, menjelaskan, Tol Cijago akan memudahkan akses warga Depok yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, karena terhubung dengan Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran. 

"Masyarakat pasti akan sangat merasa terbantu dari sisi waktu. Kemarin kami trial dari Gerbang Tol Limo sampai Bandara Soekarno Hatta itu cuma 18 menit. Pulangnya kita coba lewat tol JORR 1 dan butuh waktu sekitar satu jam. Jadi dampaknya dari sisi waktu sangat efisien," ujar Dekstia.

Ke depan, keberadaan Tol Cinere - Jagorawi diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, serta akan mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok. 

Di samping itu, nantinya gerbang tol di Seksi 3B Tol Cijago juga dilengkapi dengan sistem AVC (automatic vehicle classification) untuk mendeteksi golongan kendaraan secara otomatis. Alat ini berada di depan gardu jalur multi kendaraan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper