Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PP Presisi (PPRE) Targetkan Tol Cinere-Jagorawi Rampung Pertengahan 2023

PT PP Presisi Tbk. (PPRE) menargetkan proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 dapat diresmikan pada pertengahan 2023.
Foto aerial kendaraan melintas di Tol Jagorawi di Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Foto aerial kendaraan melintas di Tol Jagorawi di Jakarta, Selasa (14/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT PP Presisi Tbk. (PPRE) telah selesai mengerjakan struktur jembatan dengan melakukan pengangkatan 540 struktur beton yang terdiri atas 463 PC-I Girder dan 77 Voided Slab pada proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi seksi 3

Sekretaris Perusahaan PP Presisi, Adelia Auliyanti, menjelaskan pihaknya telah berhasil mengangkat seluruh girder dan voided slab yang tersebar pada 13 titik lokasi untuk memaksimalkan kemudahan arus lalu lintas pada area tersebut.

“Proyek Jalan Tol Cinere – Jagorawi yang menjadi salah satu proyek kebanggan PT PP Presisi ini diharapkan dapat diresmikan pada pertengahan 2023. Dengan diselesaikannya pekerjaan struktur jembatan, proyek ini semakin dekat dengan penyelesaian pekerjaan proyek dan PT PP Presisi turut bangga atas kepercayaan yang diberikan untuk mengerjakan proyek ini sebagai kontraktor utama” ujar Adelia dalam keterangan resminya, Kamis (9/2/2023).

Adapun, ruas Jalan tol Cinere – Jagorawi yang menjadi salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN) ini akan membentang sejauh 14,64 km dan akan menghubungkan titik-titik krusial yang padat lalu lintas.

Jalan tol ini juga menghubungkan beberapa ruas jalan tol yang telah terbangun yaitu Jalan Tol Serpong–Cinere, Jalan Tol Depok–Antasari, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dan Jalan Tol Jagorawi, dengan harapan dikerjakannya proyek ini dapat melebur kemacetan masyarakat jabodetabek.

PT PP Presisi bersama dengan anak perusahaannya yaitu PT Lancarjaya Mandiri Abadi dipilih sebagai KSO dalam pengerjaan proyek ini dengan lingkup pekerjaan PP Presisi dimulai dari pekerjaan tanah, pekerjaan drainase, pembuatan struktur jembatan dan box traffic/drainage, pekerjaan perkerasan, pekerjaan gerbang tol, pekerjaan mekanikal-elektrikal serta pekerjaan konstruksi lainnya.

Jalan Tol Cijago membentang sepanjang 14,64 km terdiri atas 3 Seksi yakni Seksi 1 menghubungkan Jalan Raya Bogor–Cimanggis sepanjang 3,70 km telah beroperasi Januari 2012.

Sementara itu, Seksi 2 menghubungkan Kukusan–Jalan Raya Bogor sepanjang 5,5 km telah beroperasi September 2019, sedangkan Seksi 3 Limo-Kukusan sepanjang 5,44 km tengah dilakukan percepatan konstruksi.

Jalan Tol Cijago memiliki peran dalam mendukung konektivitas ke-6 ruas jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II terdiri atas ruas Cengkareng-Kunciran sepanjang 14,2 km, Kunciran-Serpong sepanjang 11,1 km, Serpong-Cinere sepanjang 10,1 km, Cinere-Jagorawi sepanjang 14,7 km, Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,2 km dan Cibitung - Cilincing sepanjang 34,8 km.

Penyelesaian konstruksi Tol Cijago Seksi 3 akan meningkatkan konektivitas Tol JORR II yang berdampak positif mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, memperlancar mobilitas warga dan mengurangi kemacetan di ruas tol lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper