Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Beroperasi, Segini Besaran Tarif Melintas di Tol Cinere-Jagorawi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tarif ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan tarif ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Miftachul Munir menuturkan bahwa Jalan Tol Cijago menggunakan sistem tarif terbuka sebesar Rp15.000.

"Kalau yang tarif Cinere-Jagorawi menggunakan tarif terbuka Rp15.000," jelasnya saat ditemui usai peresmian Jalan Tol Cinere - Serpong, Senin (8/1/2024).

Sementara itu, imbuh Munir, untuk tarif Jalan Tol Cinere - Serpong yang baru hari ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum dikenakan tarif. Proses operasi bertarif masih akan menunggu surat keputusan (SK) Menteri PUPR.

"SK operasinya [Tol Cinere-Serpong] sudah keluar, kalau SK tarifnya ya kira-kira 1 sampai 2 minggu ke depan," tambahnya.

Sebelumnya, pengelola Jalan Tol Cijago, yakni PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) mengungkapkan bahwa Jalan Tol Cijago Seksi 3B Jc Krukut - Limo telah rampung dan dapat mulai dilintasi sejak Jumat (22/12/2023).

Direktur Operasi PT TLKJ Alfiandra menegaskan bahwa ruas tol sepanjang 14,64 kilometer (km) tersebut telah mengantongi SK Operasi dari Kementerian PUPR per 2 Oktober 2023.

"Tahap terakhir konstruksi Jalan Tol Cijago Seksi 3B sepanjang 2,19 km sudah selesai dilaksanakan. Jalan Tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut – Cinere sudah dinyatakan lulus uji laik fungsi dan sudah mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) serta SK operasi dari Kementrian PUPR pada tanggal 2 Oktober 2023," jelas Alfiandra.

Alfiandra juga menambahkan, dengan diselesaikannya Tol Cijago Seksi 3B, maka seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung termasuk tersambungnya Tol Serpong-Cinere Sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan jaringan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper