Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Drama Masela, PHK Spotify, dan Prospek Properti 2024

Ulasan tentang upaya pemerintah mempercepat kegiatan eksplorasi di Blok Masela menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, Rabu (6/12/2023).
Top 5 News. Sumber: Canva.
Top 5 News. Sumber: Canva.

Bisnis.com, JAKARTA — Proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Abadi Blok Masela menjadi salah satu proyek strategis nasional yang paling diharapkan segera berjalan, mengingat banyaknya manfaat yang akan didapatkan Indonesia dari pengembangan ladang gas tersebut.

Tak hanya dapat menjaga ketahanan pasokan energi di Indonesia, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya, proyek LNG Masela yang terletak sekitar 160 kilometer lepas pantai Pulau Yamdena di Laut Arafura dengan kedalaman 400—800 meter itu sekaligus memberi harapan baru bagi pengembangan industri hulu minyak dan gas bumi yang lebih rendah emisi.

Selain itu, dengan beroperasinya proyek gas Abadi Masela juga menjadi ajang pembuktian bahwa iklim investasi hulu migas di Indonesia sudah sangat kondusif, sehingga dapat mendorong investor migas lainnya untuk berinvestasi di Indonesia.

Impak positif lainnya, operasional Blok Masela juga diyakini akan mendorong pertumbuhan industri di daerah Maluku, seperti industri petrokimia yang menggunakan bahan baku gas. Dengan kata lain, multiplier effect dari Blok Masela akan sangat besar terhadap perekonomian daerah dan nasional.

Ulasan tentang upaya pemerintah mempercepat kegiatan eksplorasi di Blok Masela berikut sederet tantangannya menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, selain beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut intisari dari top 5 News Bisnisindonesia.id yang menjadi pilihan editor, Rabu (6/12/2023):

 

Sinyal Super Kripto & Prediksi Gila-Gilaan Harga Bitcoin

Aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar Bitcoin menyentuk level tertinggi pada level psikologis US$42.000 per koin. Capaian tersebut tertinggi sejak Mei 2022, bahkan kenaikan harga aset digital tersebut dinilai sebagai sinyal siklus super kripto baru.

Para penganut kripto pun memproyeksikan harga kripto yang bakal menanjak gila-gilaan. Mereka percaya kondisi pasar tersebut dapat mendorong harga Bitcoin di atas US$500.000. Para penganut kripto menyebut hal tersebut sebagai tatanan moneter baru yang akan menggemparkan Wall Street.

Berdasarkan data Coinmarketcap.com, Selasa (5/12/2023) pada pukul 20.00 WIB, koin kripto Bitcoin berada di level harga US$41.868,14 per koin. Bitcoin menguat 0,34% selama satu jam, dan 12,54% selama satu pekan atau tujuh hari.

Sementara itu, aset kripto lainnya yaitu Ethereum (ETH) tercatat turun 1,80% dalam perdagangan 24 jam ke level US$2.213 per koin. Meskipun dalam satu pekan tetap mengalami peningkatan 9,50%.

Muncul perasaan euforia dalam komunitas aset kripto saat ini, di mana Bitcoin mengalami kenaikan pada bulan ketiga, menambahkan 11% lagi keuntungan sejauh ini pada Desember untuk diperdagangkan pada level tertinggi sejak pasar mulai meledak pada April 2022. 

 

Menanti Akhir Bahagia dari Drama Panjang Blok Masela

Sejak era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono terus berupaya mempercepat kegiatan eksplorasi di Blok Masela yang ketika pada tahun 2000 Inpex Corporation, melalui anak perusahaannya Inpex Masela Ltd. berhasil menemukan gas dengan cadangan terbukti yang diperkirakan mencapai sekitar 27,6 triliun kaki kubik (TCF).

Pun pada era Presiden Joko Widodo bahkan lebih kuat lagi dorongan dari pemerintah agar proyek yang kini akan dikembangkan oleh konsorsium PT Pertamina (Persero) bersama perusahaan migas asal Malaysia, Petroliam Nasional Berhad atau Petronas sebagai mitra baru Inpex Corporation dapat segera dieksekusi.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong agar pengeboran lanjutan di proyek LNG Abadi Blok Masela mulai dilakukan pada 2024, setelah revisi kedua rencana pengembangan (plan of development/PoD) disetujui pada 28 November 2023. 

Adapun, pemerintah meminta Inpex bersama dengan konsorsium yang baru untuk mengejar produksi perdana Blok Masela pada 2029. Target itu lebih cepat 3 tahun dari rencana produksi yang disampaikan Inpex bersama dengan mitra awalnya, Shell.

 

Spotify PHK Massal Lagi dengan Jumlah Ribuan karena Krisis

Perusahaan streaming musik Spotify akan merumahkan sekitar 1.500 karyawan atau 17% dari total karyawannya karena krisis global dan omzet yang menipis.

CEO Spotify, Daniel Ek, mengatakan karyawan yang terkena PHK akan menerima pesangon selama lima bulan dan selama waktu tersebut perusahaan akan terus menanggung biaya kesehatan mereka.

“Untuk menyelaraskan Spotify dengan target jangka panjang dan tantangan ke depannya, kami membuat keputusan berat untuk mengurangi karyawan sebanyak 17%,” ujar Daniel, dikutip dari bisnis.com yang melansir The Verge, Senin (4/12/2023).

Selain itu, semua cuti yang belum digunakan juga akan dibayarkan kepada karyawan. Kemudian, semua karyawan yang dirumahkan juga berhak mendapatkan layanan penempatan selama dua bulan.

Dalam suratnya kepada para karyawan, mereka yang dirumahkan akan mendapat undangan kalender dari HRD. Pertemuan ini akan berlangsung sebelum Selasa (5/12/2023) waktu setempat. 

 

Menantikan Regulasi Asuransi Kendaraan Listrik

Belum adanya aturan khusus tentang asuransi kendaraan listrik menjadi salah satu penyebab pembiayaan kendaraan listrik sulit melaju kencang. Meski beberapa penyelenggara telah memberikan proteksi kendaraan listrik namun masih menggunakan aturan konvensional.

Regulasi untuk asuransi kendaraan listrik dianggap perlu dan butuh segera diterbitkan karena kendaraan listrik memiliki risiko yang berbeda dengan kendaraan konvensional. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengebut, hingga saat ini masih mengembangkan draft regulasi asuransi kendaraan listrik, meskipun belum selesai. 

Padahal sebelumnya draft regulasi kendaraan listrik ditargetkan meluncur pada tahun ini. Direktur Eksekutif AAUI Bern Dwiyanto mengatakan, data yang diperlukan untuk penyusunan draft tersebut masih sangat terbatas. Dia pun berharap dapat diselesaikan pada tahun depan. 

Dia menyebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian asosiasi, salah satunya adalah tarif premi asuransi kendaraan listrik. Dia menyebut kemungkinan tarif premi asuransi kendaraan listrik akan lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan konvensional. 

 

Prospek Properti Residensial Tahun 2024 di Tengah BI Rate 6%

Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan dari 5,75% menjadi 6% pada Rapat Dewan Gubernur yang diumumkan pada 19 Oktober. Adapun, pada November Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan suku bunga acuan atau BI 7 days reverse repo rate (BI7DRRR) tetap pada level 6%.

Keputusan menaikkan suku bunga acuan menjadi 6% pada Oktober kemarin didasari lima alasan, yakni laju pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi melambat, eskalasi konflik antara Israel-Palestina, arah kebijakan suku bunga bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed) yang diproyeksi tetap tinggi dalam waktu relatif lama, tingkat imbal hasil obligasi aset negara maju yang meningkat, dan aliran modal asing keluar dari pasar keuangan.

Senior Vice President (SVP) Marketing 99 Group Indonesia Bharat Buxani mengatakan saat ini, kenaikan suku bunga acuan dari Bank Indonesia belum berpengaruh terhadap tren yang tercatat pada platform kami di Rumah123.com dan 99.co Indonesia. 

Namun, mengingat sebagian besar pembelian properti oleh masyarakat cenderung menggunakan cara bayar Kredit Pemilikan Rumah (KPR)/Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), maka ini perlu menjadi perhatian semua stakeholder untuk memastikan geliat permintaan masyarakat akan properti tetap stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Bisnisindonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper