Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Probolinggo-Banyuwangi Disuntik Rp7,4 Triliun, Trans Jawa Tersambung Penuh 2024?

Jasa Marga mendapatkan suntikan dana untuk penyelesaian Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang menjadi akhir Trans Jawa dengan target rampung pada 2024.
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. baru saja mendapatkan suntikan dana senilai Rp7,4 triliun untuk penyelesaian tahap I Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. Jalan tol yang menjadi akhir Jalan Tol Trans Jawa itu ditargetkan selesai pada akhir 2024.

Mengutip keterangan resmi Jasa Marga, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) selaku yang merupakan anak usaha Jasa Marga pengelola Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, memperoleh fasilitas kredit sindikasi baik dari Bank Himbara, Bank Daerah, serta Lembaga Pembiayaan Infrastruktur senilai Rp7,4 triliun dengan tenor 15 tahun.

Kucuran dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan Tahap I Segmen Gending-Besuki sepanjang 49,68 kilometer (Km) yang terdiri atas Paket 1 Gending-Kraksaan sepanjang 12,88 km, Paket 2 Kraksaan-Paiton sepanjang 11,20 km dan Paket 3 Paiton-Besuki sepanjang 25,60 km.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada para sindikasi perbankan serta mengucapkan selamat kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT JPB atas terlaksananya penandatanganan perjanjian kredit dalam rangka financial close.

"Dengan adanya penandatangan kredit sindikasi hari ini, semoga dapat mendukung proses pembebasan lahan dan tahapan konstruksi yang tengah dikerjakan sesuai dengan target, sehingga masyarakat dapat segera menikmati manfaat Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi,” ujar Hedy dalam keterangan resmi yang dikutip pada Rabu (22/11/2023).

Mengutip data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, pada masa pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi hanya akan dikerjakan sampai dengan Seksi 3 yakni Banyuglugur-Besuki.

Dengan demikian, pengerjaan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terfokus pada Seksi 1 Gending-Kraksaan sepanjang 12,88 km, Seksi 2 Kraksaan-Paiton sepanjang 11,2 km, dan Seksi 3 Paiton-Banyuglugur sepanjang 9,4 km, Seksi 4 Banyuglugur-Besuki sepanjang 16,2 km. BPJT Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian keempat ruas tersebut pada Desember 2024.

Direktur Utama PT JPB Adi Prasetyanto berharap dengan dukungan kredit sindikasi tersebut, pembangunan jalan tol yang tengah berjalan dapat diselesaikan sesuai target dengan kualitas dan mutu yang baik.

Adi menambahkan, ketika Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Segmen Gending-Besuki ini telah beroperasi, jalan tol ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol PasuruanProbolinggo yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road yang telah beroperasi terlebih dulu.

Jumlah Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo mencapai 13.000 kendaraan per harinya. Dia optimistis jika telah terkoneksi nantinya, lalu lintas ini juga berpotensi akan melintas di Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Segmen Gending-Besuki.

“Progres konstruksi telah kami mulai sejak Februari 2023 lalu dan saat ini berjalan sesuai dengan target. Hingga awal November 2023, progres proyek jalan tol untuk Tahap I Segmen Gending-Besuki mencapai 31% untuk paket 1, 15% untuk paket 2, dan 6% untuk paket 3," ujar Adi.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tidak akan tersambung sampai dengan ujung timur Pulau Jawa hingga 2024.

Dia menjelaskan ruas tersebut nantinya hanya akan tersambung sampai dengan daerah Besuki karena banyaknya permasalahan yang ditemui pada proses pembangunannya.

"Ruas Probowangi [Probolinggo-Banyuwangi] kita akan selesaikan sampai Besuki, karena ini terlalu banyak permasalahan, jadi 2024 kita akan tembuskan sampai Besuki," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper