Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Probolinggo - Banyuwangi Tahap 1 Ditarget Rampung Akhir 2024

Konstruksi tahap 1 Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi mencakup ruas Gending - Besuki yang memiliki total panjang 49,7 kilometer.
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan pembangunan Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi tahap 1 akan rampung pada Desember 2024.

Mengutip laman resmi BPJT, konstruksi tahap 1 Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi mencakup ruas Gending - Besuki yang memiliki total panjang 49,7 kilometer (KM).

"Secara keseluruhan Tahap 1 Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi yang terdiri dari 3 Seksi tersebut ditargetkan akan selesai konstruksinya pada Desember 2024," jelas manajemen BPJT, dikutip Sabtu (23/9/2023).

Sebagai catatan, Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi terdiri dari 2 tahap pelaksanaan konstruksi. Di mana pada tahap 1 ini terbagi menjadi Seksi 1 Gending - Kraksaan (12,88 Km) dengan progres konstruksi hingga saat ini sebesar 15,01 persen.

Kemudian Seksi 2 Kraksaan - Paiton (11,20 Km) progres konstruksinya sebesar 2,61 persen, dan Seksi 3  Paiton – Besuki (25,6 Km) dengan progres konstruksi 0,65 persen.

Nantinya, Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Tahap 1 akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki, serta memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton, dan SS Besuki. 

Selain itu pada tahap 1 juga akan dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di kedua arah dari Probolinggo maupun arah Besuki. 

Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Ruas Probolinggo - Besuki nantinya akan memangkas waktu tempuh Probolinggo sampai Besuki yang sebelumnya sekitar 1 jam 15 menit perjalanan  menjadi lebih cepat hanya 30 menit perjalanan dengan kecepatan rata-rata waktu tempuh berkendara 80-100 Km/jam.

Sementara pada konstruksi tahap 2, ruas Besuki – Banyuwangi sepanjang 126,72 Km dan ditargetkan konstruksinya selesai setelah tahun 2024. 

Konstruksi tahap 2 Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi sendiri terdiri dari Seksi 4 Besuki - Situbondo (43,30 Km), Seksi 5 Situbondo - Asembagus (16,76 Km), Seksi 6 Asembagus - Bajulmati (37,45 Km) dan Seksi 7 Bajulmati - Ketapang (29,21 Km).

"Hadirnya Jalan Tol Trans Jawa akan menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa untuk meningkatkan konektivitas serta mempermudah mobilitas orang, barang dan jasa," pungkas manajemen BPJT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper