Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap Lepas 4 Ruas Jalan Tol, Jasa Marga Tawarkan ke Investor Asean

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berencana melepas empat ruas jalan tol yang dimilikinya dalam realisasi program aset recycling.
Tol Bali Mandara/Youtube
Tol Bali Mandara/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) siap melepas empat ruas jalan tol yang dimilikinya dalam realisasi program aset recycling.

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano menjelaskan, program tersebut merupakan bagian dari strategi yang dijalankan perseroan dalam menyeimbangkan pertumbuhan bisnis perusahaan.

"Empat jalan tol tersebut terdiri dari dua jalan tol beroperasi, yaitu Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 km dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,27 km, serta dua proyek jalan tol yang saat ini masih dalam proses konstruksi dan pembebasan lahan, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 62 km dan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76 km," ujar Reza di hadapan para investor asal Asia Tenggara di agenda Asean Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (7/9/2023).

Lebih lanjut, Reza menjelaskan bahwa Jasa Marga menyambut baik setiap peluang kerja sama perusahaan dengan menggunakan skema strategic partnership.

Reza menambahkan, Jalan Tol Bali Mandara dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki potensi pertumbuhan volume lalu lintas ke depannya, dengan kawasan sekitar jalan tol yang juga meningkat dan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi. 

Terlebih lagi, Bali saat ini masih menjadi destinasi wisata internasional yang banyak menarik minat wisatawan setiap tahunnya. Kemudian, dikembangkannya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur sehingga Jalan Tol Bali Mandara dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki potensi yang sangat baik bagi para calon investor. 

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulanjani menyampaikan kepada para investor potensial untuk tidak khawatir bekerja sama dengan Jasa Marga. 

Hal tersebut seiring dengan tercatatnya JSMR sebagai perusahaan publik. Dia juga menjelaskan, jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga merupakan jalan tol layak yang secara finansial. 

Terlebih lagi, saat ini pemerintah telah menjamin pengembalian investasi dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Jalan Tol juga mengatur penyesuaian tarif tol secara berkala setiap 2 tahun menyesuaikan inflasi regional. 

"Selain itu, pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan pembebasan lahan atau pengadaan tanah, kini juga telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum, terutama untuk Proyek Strategis Nasional (PSN),” imbuh Pramitha.

Adapun, hingga semester I/2023, Jasa Marga telah mengelola total panjang tol operasi hingga 1.260 km dengan total konsesi jalan tol mencapai 1.736 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper