Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Tekstil Bakal Dapat Insentif, Ini Respons Pengusaha TPT

Asosasi Pertekstilan Indonesia (API) merespons soal rencana pemerintah untuk memberikan insentif untuk perbaikan kinerja industri tekstil.
Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Rachman
Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Asosasi Pertekstilan Indonesia (API) menyambut baik kabar rencana pemerintah untuk mendorong perbaikan kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dengan memberikan sejumlah stimulus regulasi.

Ketua Umum API, Jemmy Kartiwa Sastraatmadja mengatakan pihaknya menilai pemerintah telah melakukan langkah yang tepat dan menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh industri TPT nasional.

"Mengembalikan aturan Post Border kembali ke Border dan memasukan HS TPT ke dalam Lartas merupakan bagian dari Trade Barrier yang kami tunggu-tunggu," kata Jemmy, Senin (9/10/2023).

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Ekonomi) akan mengubah aturan pengawasan yang sifatnya Post Border menjadi Border dengan pemenuhan Persetujuan Impor (PI) dan Laporan Surveyor (LS).

Begitupun dengan HS TPT yang masuk dalam Larangan Terbatas (Lartas). Dalam catatan Kemenko Ekonomi, saat ini ada total 11.415 HS yang mencakup 60,5 persen atau 6.910 barang lartas dan sisanya barang non-lartas.

Dari 60,5 persen, komoditas yang terkena Lartas tersebut, sebanyak 3.662 HS (32,1 persen) dilakukan pengawasan di Boder dan sebanyak 3.248 HS (28,4 persen) dilakukan pengawasan Post-Border.

Dalam hal ini, industri tekstil akan menjadi salah satu kelompok komoditas tertentu yang akan mendapatkan pengawasan ketat melalui Lartas. Namun, hal ini perlu dilakukan dengan revisi regulasi dari kementerian teknis.

"Semoga aturan ini bisa segera memulihkan dan menggerakan roda industri TPT Indonesia, sehingga event masa Lebaran 2024  yang biasa nya masyarakat Indonesia membeli pakaian baru bisa di nikmati oleh UMKM / IKM dan Industry TPT Nasional," ujar Jemmy.

Sebelumnya, Jemmy telah beberapa kali menyuarakan pentingnya perubahan aturan Lartas dengan mengalihkan pengawasan Post Border menjadi Border. Pengawasan lartas Border merupakan pengawasan yang dilakukan oleh petugas bea cukai di kawasan pabean.

Sedangkan, pengawasan post border dilakukan setelah keluar kawasan pabean dan telah beredar di masyarakat yang diawasi oleh Kementerian/Lembaga terkait. Dalam hal ini, aturan tersebut tercantum dalam Permendag No. 51/2020 tentang Pemeriksaan dan Pengawasan Tata Niaga Impor setelah melalui Kawasan Pabean (Post Border).

Diberitakan sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan peraturan dari Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan K/L terkait impor barang tektil dipastikan akan segera direvisi dalam waktu 2 minggu.

Airlangga mengungkap arah dari Jokowi untuk memberikan tambahan kemudahan untuk menjual ke pasar dalam negeri, khususnya bagi industri TPT yang rentan PHK dan berada di kawasan berikat.

Untuk melaksanakan kebijakan ini akan diatur lebih lanjut pemberian rekomendasinya melalui Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin).

Kemudian, pemerintah akan memperkuat  terkait dengan penguatan kelembagaan untuk Badan Perlindungan Konsumen, dan kemudian KPPU, agar bisa menjaga unfair-practice di sektor digital, serta masalah penerapan semua standar, baik SNI, BPOM, maupun sertifikasi halal untuk sektor e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper