Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Targetkan Tol Padang-Sicincin Rampung Semester I/2024

PT Hutama Karya (Persero) memasang target untuk penyelesaian Jalan Tol Padang-Sicincin.
GEDUNG BUMN HUTAMA KARYA. Bisnis/Arief Hermawan P
GEDUNG BUMN HUTAMA KARYA. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) memasang target untuk penyelesaian Jalan Tol Padang-Sicincin dapat rampung pada semester I/2024. Adapun, pembangunan masih terganjal oleh pembebasan lahan.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan pada saat pihaknya menjalin kontrak dengan penyedia jasa pada 2018 pembebasan lahan hanya mencapai 10-15 persen dalam kurun waktu 3-8 bulan. Selain itu, dalam rentang 2018-2022 pembebasan lahan untuk tol tersebut kurang dari 40 persen.

“Sehingga dari PUPR punya kebijakan kemarin sampai istilahnya penghentian sementara [pembangunan] sambil menunggu proses pembebasan lahan,” ujarnya di HK Tower, Jumat (29/9/2023).

Sementara pada awal 2023, proses pembebasan lahan pun sudah di atas 80 persen, sehingga pemerintah kemudian meminta Hutama Karya untuk melanjutkan pembangunan.

Kemudian pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin juga mengalami kendala teknis, yakni terjadinya beberapa kembali gempa sehingga pembangunan tol harus menggunakan struktur yang tahan gempa. Meski demikian, hal ini baru dapat dilakukan jika pembebasan lahan sudah dilakukan sepenuhnya.

“Harapannya memang dari ada istilahnya komitmen dari Pemprov, Pemerintah Daerah setempat itu pembahasan lahan yang akan diselesaikan pada Desember 2023 ini. Kalau [pembebasan] diselesaikan pada Desember 2023, insyaallah pada semester I/2024 [pembangunan] bisa selesai,” tuturnya.

Berdasarkan paparan dari Hutama Karya, jalan Tol Padang-Sicincin memiliki nilai investasi sebesar Rp9,72 triliun dengan IRR (Internal Rate of Return) minus 3,68 persen.

Sementara itu, per 31 Agustus 2023, proses pembebasan lahan tol tersebut telah mencapai 88 persen, sedangkan untuk proses konstruksi telah mencapai 35 persen.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit sebelumnya mengatakan pemerintah menargetkan konstruksi jalan tol itu akan selesai pada 2024. Pembebasan lahan pun masih terus dilakukan dengan dilanjutkan kegiatan pembangunan.

"Saat ini kita berada di salah satu ruas Trans Sumatra tepatnya ruas Padang-Sicincin dan sepanjang 4 km sudah selesai konstruksi sehingga selanjutnya dapat diselesaikan oleh PT Hutama Karya (Persero) untuk melanjutkan sampai ke Km 36," kata Danang dalam keterangan resminya, Selasa (7/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper