Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Mau Bangun Super Grid, Ini Sumber Pendanaannya

Pembangunan interkoneksi jaringan listrik besar atau super grid di Indonesia dinilai akan membuka potensi industri ramah lingkungan
Pekerja memerbaiki jaringan listrik PLN./Bloomberg-Dimas Ardian
Pekerja memerbaiki jaringan listrik PLN./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, BADUNG - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membangun interkoneksi jaringan  kelistrikan besar atau super grid di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa pendanaan pembangunan super grid itu nantinya bisa didapatkan dari Asian Development Bank (ADB) yang nantinya akan dibagi antara negara-negara Asia Tenggara (Asean).

“Secara khusus [pembiayaan] dengan Asean yang menjadi koordinator, untuk dari sisi pembagian pembiayaan ini adanya di ADB, kan di Filipina kantornya. Ini yang terus memberikan pemikiran-pemikiran yang kami dorong dari sisi financing,” kata Dadan dalam acara Asean Minister On Energy Meeting (AMEM) 2023 di Nusa Dua Bali Convention Centre (NDBCC), Kamis (24/8/2023).

Dadan menyebut bahwa pembiayaan oleh ADB akan didukung juga oleh pihak Asean Centre of Energy (ACE). Dirinya menilai hal tersebut merupakan kolaborasi pendanaan yang sangat baik dalam mendukung Indonesia untuk membangun super grid dalam negeri.

Dia mengeklaim bahwa negara Asean sudah sepakat dengan skema pendanaan yang disokong oleh ADB dan ACE. Namun, Dadan menjelaskan bahwa skema pendanaan ini tidak dapat diterapkan oleh semua negara di Asean. Nantinya, tiap negara memiliki skema pendanaannya tersendiri.

“Ini kan unik, karena dari sisi bagaimana mendorong transisi energi tiap negara juga unik. Tidak bisa satu skema diterapkan di semua, tapi semua sepakat, dan ini masuk juga dalam diskusi, termasuk di tingkat menteri tentang bagaimana mendorong di sisi financing,” ujarnya.

Dadan mengatakan, super grid ini nantinya akan menghubungkan berbagai potensi sumber energi, terutama energi baru terbarukan (EBT), yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

“Indonesia berencana membangun super grid untuk menghubungkan sumber daya, panas bumi di pulau-pulau besar dan pengembangan industri hilir mineral,” kata Dadan.

Dadan menyebut bahwa super grid ini akan membuka potensi industri ramah lingkungan dan pusat permintaan energi. Nantinya, selain membuka potensi industri yang ramah lingkungan, keberadaan super grid juga akan membantu untuk menyokong kebutuhan energi pada industri tambang mineral.

“Mineral kritis juga memerlukan transisi dan penyimpanan energi. Mineral berkembang secara signifikan. Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Filipina antara lain,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper