Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Depo Tegalluar, Tempat Perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Depo Tegalluar menjadi tempat parkir dari 11 rangkaian kereta penumpang dan 1 rangkaian kereta inspeksi dari KA Cepat Jakarta-Bandung. 
Beberapa rangkaian kereta (train set) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang terparkir di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023) - KCIC
Beberapa rangkaian kereta (train set) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang terparkir di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023) - KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - Proses perawatan dan pemeriksaan rangkaian kereta pada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dilakukan pada Depo Tegalluar. 

Depo tersebut juga menjadi lokasi pembelajaran bagi para sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang mendapat pendidikan dari tenaga ahli seputar perawatan kereta cepat

GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Eva Chairunisa, menjelaskan, Depo Tegalluar menjadi tempat parkir dari 11 rangkaian kereta penumpang dan 1 rangkaian kereta inspeksi dari KA Cepat relasi Jakarta-Bandung. 

Depo seluas 85,4 hektare ini memiliki tujuh area utama yang berfungsi untuk memenuhi berbagai kebutuhan perawatan maupun operasional KA Cepat. Seluruh area tersebut memiliki fungsi yang berbeda dari perawatan ringan hingga perawatan berat.

Dia menjelaskan, pemeriksaan KA Cepat dilakukan pada semua aspek secara berkala di Depo Tegalluar. Perawatan reguler terhadap KA Cepat dilakukan tiap 2 hari sekali setelah jam operasional usai. 

Perawatan meliputi penggantian spare part dan pengecekan ultrasonic untuk mendeteksi keretakan pada komponen kereta. 

"Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan roda, pantograf, pengujian rangkaian KA Cepat secara statis dan dinamis, perbaikan KA Cepat dari level 1 hingga level 3, dan lainnya," kata Eva dalam keterangan resminya, Rabu (23/8/2023).

Selain itu, Depo Tegalluar juga menjadi lokasi pelatihan para pegawai KCJB dari para tenaga ahli. Eva menjelaskan, saat ini sebanyak 160 pegawai tengah mendapatkan transfer pengetahuan tentang perawatan KA Cepat di Depo Tegalluar dari tenaga ahli. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 40 orang di antaranya merupakan pegawai yang nantinya akan ditempatkan sebagai EMU Maintenance atau petugas perawatan sarana.

Eva menjelaskan, perawatan kereta cepat akan menggunakan standar internasional. Perawatan kereta cepat menjadi salah satu bagian penting agar kegiatan operasi moda transportasi ini berjalan dengan aman, lancar dan nyaman.

Dia menjelaskan, melalui proses transfer pengetahuan, SDM Indonesia bisa mempelajari langsung hal-hal terkait perawatan dan pemeliharaan kereta cepat langsung dari tenaga ahli. Hal ini diyakini akan menjadi investasi yang sangat baik untuk masa depan dunia perkeretaapian Indonesia. 

"Depo Tegalluar memiliki fasilitas yang lengkap dan mumpuni, guna memastikan KA Cepat dalam kondisi prima sebelum beroperasi. Dengan fasilitas perawatan yang unggul dan didukung SDM yang kompeten, perjalanan KA Cepat diharapkan bisa berjalan tanpa kendala," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper