Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Harga dan Cara Beli Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Langsung dari Wamen BUMN

Informasi terkait Kereta Cepat Jakarta-Bandung akhirnya update, kali ini dari Wamen Kartika Wirjoatmodjo atau yang akrab disapa Tiko.
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Bisnis.com, SOLO - Kereta cepat Jakarta-Bandung viral lagi setelah sejumlah warganet menyerang akun @keretacepat_id.

Melalui kolom komentar, netizen mempertanyakan kapan kereta cepat Jakarta Bandung beroperasi, berapa harga tiketnya, dan bagaimana cara membelinya.

Setelah lama tidak ada info, akhirnya informasi terkini tentang Kereta Cepat Jakarta Bandung update.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo memberikan informasi terbaru tentang tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Namun sayang, kabar yang dibawa tidak terlalu menggembirakan lantaran tiket KCJB disebut belum tentu disubsidi oleh pemerintah.

Tiko mengatakan bahwa untuk tiket kereta cepat belum ada landasan regulasi pemberian subsidi seperti untuk tiket LRT yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 67 tahun 2023.

"Enggak ada, sementara ini belum, jadi kan kalau LRT memang ada perpresnya, kalau KCIC so far belum ada, tapi kita lagi diskusi dengan Kemenhub bagaimana nanti skemanya, jadi belum," kata pria yang akrab disapa Tiko pada Selasa (22/8/2023).

Kabar terbaru yang dibawa Tiko tersebut berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi.

Pada tanggal 12 Agustus 2023 lalu, Dwiyana mengatakan bahwa  harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diusulkan Rp 250.000 selama tiga tahun. Ini merupakan tarif diskon.

"Tarif kita usulkan ke Kementerian Perhubungan ya, tiga tahun ini diusulkan untuk diskon tarif Rp 250.000, sama seperti Kereta Api Argo Parahyangan. Biar penumpang memilih apakah kereta cepat, mereka yang mau cepat. Mungkin yang sesuai perjalanannya dengan KAI silahkan pakai KAI. Rp 250.000 itu untuk kelas II ya," katanya dulu.

Sementara soal jadwal operasional, Tiko mengatakan kemungkinan akan dilakukan uji coba pada bulan September. Namun semua rencana masih menunggu keputusan Kemenhub.

Kabar terbaru yang dibawa Wamen BUMN ini juga berbeda dari rencana awal yang menyebut bahwa Kereta Cepat jakarta Bandung akan mulai beroperasi pada 18 Agustus 2023.

Cara membeli tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Sampai saat ini belum dijelaskan lebih lanjut tentang bagaimana cara membeli tiket kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

Tapi Ridwan Kamil sempat mengatakan jika tiket gratis dapat diperoleh dengan cara mendaftarkan diri secara online.

Jika merunut cara membeli tiket kereta selama ini, kemungkinan tiket gratis kereta cepat Jakarta-Bandung bisa dibeli di aplikasi KAI Access atau dijual melalui Online Travel Agent (OTA).

Kemungkinan juga, tiket Kerea Cepat Jakarta Bandung komersil akan dijual di tempat yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper