Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BBM Baru Pertamax Green 95 Meluncur Juli, Ini Bocoran Harganya

Kementerian BUMN memastikan produk BBM baru Pertamina yaitu Pertamax Green 95 bakal meluncur Juli 2023. Ini bocorannya harganya.
SPBU Pertamina. /Istimewa
SPBU Pertamina. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan produk baru bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina (Persero) yaitu Pertamax Green 95 bakal merilis Juli 2023.

Wakil Menteri BUMN 1, Pahala Nugraha Mansury, mengatakan peluncurkan produk green energy itu akan dirilis di 17 titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mencakup Jawa Timur dan DKI Jakarta.

"Insha Allah kalau bukan minggu ini, dalam bulan Juli kita lakukan. Kita akan mulai di Jawa Timur, lalu kemudian DKI Jakarta. Kemungkinan ada 17 titik SPBU untuk Pertamax Green 95, 11 titik Jawa Timur dan 6 DKI," kata Pahala kepada wartawan, Senin (3/7/2023). 

Produk yang memiliki nilai oktan 96 ini menggunakan 5 persen bioetanol yang merupakan upaya dalam menurunkan emisi karbon yang berasal dari BBM.

Adapun, Pahala memberikan kisaran harga Pertamax Green 95 yakni sebesar Rp13.200 per liter untuk di 17 titik SPBU.

"Sudah ada, mungkin kurang lebih di kisaran Rp13.200. Insha Allah di kisaran segitu," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan peluncuran produk BBM terbaru yang lebih ramah lingkungan ini merupakan salah satu upaya Pertamina dalam mendukung program pemerintah dalam mencapai net zero emission, terutama di era transisi energi saat ini.

Fadjar menjelaskan bahwa peluncuran BBM ramah lingkungan akan dimulai dengan tahap awal di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Surabaya.

Produk BBM baru ini memiliki kadar oktan tinggi (95), sehingga tetap memberikan performa optimal pada mesin kendaraan. Selain itu, BBM ini juga mengandung campuran Pertamax dan Bioetanol sebanyak 5 persen, yang secara signifikan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

"BBM dengan kadar oktan tinggi ini akan memberikan performa yang unggul, sementara campuran Bioetanol akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper