Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INACA: Manajemen Operasi dan Kru, Kunci Pemulihan Penerbangan

INACA Manajemen operasional dan kru pesawat yang optimal menjadi salah satu aspek utama yang dinilai dapat mempercepat pemulihan sektor penerbangan.
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Manajemen operasional dan kru pesawat yang optimal menjadi salah satu aspek utama yang dinilai dapat mempercepat pemulihan sektor penerbangan nasional.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja menjelaskan bisnis penerbangan nasional Indonesia saat ini tengah berada dalam proses pemulihan pascapandemi Covid-19.

Meski demikian, dia melihat ada beberapa kendala yang berpotensi menghambat tren pemulihan tersebut. Dia menjelaskan, salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh sektor penerbangan nasional saat ini adalah pemulihan kapasitas maskapai penerbangan baik dari sisi pesawat maupun kru seperti kondisi sebelum pandemi.

"Proses pemulihan itu berpotensi mempengaruhi efisiensi operasional maskapai penerbangan dan dapat menghambat pertumbuhan bisnis penerbangan nasional," kata Denon dikutip dari keterangan resmi, Kamis (15/6/2023).

Seiring dengan hal tersebut, Denon menyebutkan pengetahuan optimal terkait operasional dan manajemen kru penerbangan amat diperlukan. Menurutnya, kemampuan ini akan memicu kegiatan operasi maskapai berjalan dengan efisien sehingga dapat mendorong pertumbuhan bisnis penerbangan nasional.

Dia melanjutkan, kemampuan ini juga dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal INACA Bayu Sutanto menyatakan operasional dan manajemen kru merupakan aspek penting dalam menjalankan maskapai penerbangan secara efektif dan efisien. Perusahaan yang dapat menerapkan prinsip kerja efektif dan efisien akan dapat tumbuh berkembang berkelanjutan.

Bayu menjelaskan, dalam aspek operasional mencakup berbagai aktivitas yang terlibat dalam pengelolaan penerbangan dan fungsi maskapai secara keseluruhan, yaitu perencanaan penerbangan, manajemen armada, operasional di darat, pengelolaan pendapatan perusahaan, layanan pelanggan, dan keselamatan dan keamanan.

Sedangkan manajemen kru penerbangan melibatkan penggunaan dan penjadwalan personel penerbangan yang efisien, termasuk di dalamnya pilot, pramugari, dan staf darat. Manajemen kru di antaranya terdiri dari penjadwalan kru, pelatihan dan sertifikasi kru, daftar nama kru; komunikasi kru, sistem manajemen kru, dan kesejahteraan kru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper