Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Syarat Naik Pesawat Terbaru dan Ekonomi RI Tumbuh 5,03 Persen

Syarat naik pesawat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2023 menjadi topik terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Usai periode mudik Lebaran 2023, pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com masih mencari informasi mengenai syarat naik pesawat terbaru. Artikel mengenai syarat naik pesawat pun menjadi berita paling banyak dibaca.

Selain itu, berita mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2023 juga menjadi berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Syarat Naik Pesawat Terbaru Mei 2023 Usai Mudik Lebaran

Syarat naik pesawat terbaru usai periode mudik Lebaran pada Mei 2023 masih mewajibkan penumpang mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster.

Sementara itu, penumpang kini juga tidak diwajibkan lagi menunjukkan hasil negatif tes PCR. Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M. Kristi Endah Murni memaparkan tahun 2022 menjadi momentum pembatasan perjalanan mulai tidak diberlakukan pada masa pandemi di Indonesia.

Dampaknya, jumlah pergerakan penumpang berangkat domestik selama tahun lalu mencapai sekitar 56,23 juta penumpang.

2. Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,03 Persen pada Kuartal I/2023

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2023 mencapai 5,03 persen persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh. Edy Mahmud menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia yang diukur berdasarkan besaran produk domestik bruto (PDB) pada kuartal I/2023 atas dasar harga berlaku mencapai Rp5.071,7 triliun, sementara berdasarkan harga konstan mencapai Rp2.961,2 triliun.

3. Sambut KTT Asean ke-42, PT Pelni Siapkan Kapal Gratis

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah menyiapkan kapal penumpang KM Sinabung untuk dijadikan akomodasi gratis bagi peserta acara KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani mengemukakan KM Sinabung sendiri biasanya melayani rute Surabaya-Bau Bau-Banggai-Bitung-Ternate-Bacan-Manokwari-Biak dan Jayapura.

Namun, sejak 29 April 2023 kemarin, KM Sinabung melakukan omisi atau perubahan rute agar fokus melayani akomodasi gratis di Labuan Bajo, Flores, NTT.

4. Singapura Setop Impor Babi Hidup Indonesia, Kemendag Turun Tangan

Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah mendalami kasus virus flu babi Afrika yang ditemukan pada babi hidup yang diekspor ke Singapura.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi guna merespons temuan The Singapore Food Agency (SFA) pada April lalu itu.

“Kami sedang mendalami itu. Penemuannya seperti apa dan [kita] akan lakukan cek ke produsen yang ditemukan virus itu,” kata Didi kepada awak media di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2023).

5. Paceklik di Pertambangan Gas Indonesia

Sejumlah lapangan gas besar di dalam negeri terpaksa tidak dapat dikembangkan lantaran sulitnya untuk melakukan monetisasi.

Bertahun-tahun Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama dengan operator lapangan mencari pembeli potensial tapi sering berakhir tanpa kesepakatan komersial.

Ketua Komite Investasi Aspermigas Moshe Rizal mengatakan lapangan pertambangan gas di Indonesia relatif terbatas yang dapat dimonetisasikan.

Sebab produksi gas di Indonesia relatif tidak kompetitif jika dibandingkan dengan beberapa negara produsen utama lainnya seperti Amerika Serikat, Qatar, Uni Emirat Arab hingga Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper