Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut KTT Asean ke-42, PT Pelni Siapkan Kapal Gratis

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah menyiapkan kapal penumpang KM Sinabung untuk akomodasi gratis peserta acara KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, Flores
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah menyiapkan kapal penumpang KM Sinabung untuk dijadikan akomodasi gratis bagi peserta acara KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani mengemukakan KM Sinabung sendiri biasanya melayani rute Surabaya-Bau Bau-Banggai-Bitung-Ternate-Bacan-Manokwari-Biak dan Jayapura.

Namun, sejak 29 April 2023 kemarin, KM Sinabung melakukan omisi atau perubahan rute agar fokus melayani akomodasi gratis di Labuan Bajo, Flores, NTT.

“Sekali lagi kami melaksanakan penugasan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk mendukung dan menyukseskan acara internasional KTT Asean ini," tutur Anda di Jakarta, Kamis (4/5).

Selain memberikan akomodasi gratis untuk peserta acara KTT Asean ke-42, menurut Anda, KM Sinabung juga bakal memberikan akomodasi gratis kepada aparatur sipil negara (ASN), wartawan yang meliput kegiatan KTT dan serta aparat keamanan yang bertugas di sekitar lokasi acara KTT Asean ke-42.

Dia optimistis KM Sinabung bisa mengantisipasi keterbatasan penginapan darat di Labuan Bajo yang saat ini diketahui sudah penuh terisi selama perhelatan KTT Asean ke-42.

“Kami pastikan seluruh fasilitas di atas kapal siap digunakan hingga gelaran KTT selesai dengan kapasitas sebanyak 2.000 orang tamu,” katanya.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 42 trayek Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP dengan menyinggahi 273 pelabuhan dengan total 3.495 ruas. 

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini Pelni mengoperasikan 10 trayek Tol Laut serta 1 trayek khusus untuk Kapal Ternak.

Tahun ini, Indonesia menjadi ketua Asean sehingga secara otomatis menjadi tuan rumah KTT Asean. KTT ini akan berlangsung di Labuan Bajo NTT pada 9-11 Mei. Setelah itu, KTT Asean+ Plus ke-43 akan digelar di Jakarta pada September mendatang.

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi super prioritas yang sedang dikembangkan pemerintah dan ingin lebih dikenalkan kepada dunia sehingga dipilih menjadi tempat berlangsungnya KTT Asean 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper