Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2023, Kapal Pelni Angkut 511.705 Penumpang

Pelni telah mengangkut 511.705 penumpang selama periode mudik Lebaran 2023.
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) mencatat ada sebanyak 511.705 penumpang yang melakukan perjalanan dengan Kapal Pelni selama periode angkutan lebaran pada 7 hingga 28 April 2023. 

Selama angkutan lebaran 2023, Pelni berhasil mengangkut sebanyak 2.560 unit motor dan 6.259 orang pemudik motor diangkut oleh KM Dobonsolo pada dua kali perjalanan arus mudik Jakarta - Semarang  pada 15 dan 17 April. Serta, dua kali perjalanan pada arus balik Semarang - Jakarta pada 25 dan 28 April. 

Melalui Program Mudik Gratis Sepeda Motor yang digagas Kementerian Perhubungan, penugasan ini memang dilakukan untuk meminimalisir antrean pemudik yang mengular bagi para pemudik motor dari Ciwandan, Banten menuju Panjang Lampung dan sebaliknya. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Pelni (Persero) Tri Andayani saat Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo berkunjung ke Kantor Pelni. 

Dalam kunjungan tersebut, keduanya turut meninjau pusat kendali operasi yang tersambung dengan satelit, sehingga memungkinkan ruang kendali tersebut memonitor keberadaan seluruh kapal Pelni yang terdiri dari 26 kapal penumpang, 42 kapal perintis, dan 9 kapal barang.

"Dari ruang kendali ini, kita bisa melihat titik keberadaan kapal serta memantau situasi seluruh sudut kapal yang terpasang CCTV selama 24 jam penuh,” ujar Anda, Jumat (28/4/2023).

Dengan sistem ini, pihaknya menyebutkan PT Pelni dapat mengambil keputusan yang cepat dan akurat apabila terjadi situasi darurat atau keadaan yang membutuhkan penanganan segera. Tak hanya itu, Anda pun memperlihatkan kemampuan dari operation room Pelni yang dapat menunjukan kecepatan kapal, titik koordinat, serta kondisi cuaca di wilayah setempat.

“Pak Menhub dan Pak Wamen BUMN II juga dapat melihat sendiri jumlah penumpang yang di atas Kapal serta cuaca, seperti kecepatan angin dan ketinggian ombak. Ini dimungkinkan karena kami juga tersambung dengan data real time BMKG [Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika]," ujarnya.

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 71 pelabuhan.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 42 trayek Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis menyinggahi 273 pelabuhan dengan total 3.495 ruas.

Pelni pun mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini Pelni mengoperasikan 10 trayek Tol Laut serta 1 trayek khusus untuk Kapal Ternak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper