Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik Lebaran, Pemudik Susulan Masih Ramai Berangkat dari Stasiun Gambir

Arus balik lebaran 2023 mulai terjadi pada hari ketiga lebaran atau pada Senin (24/4/2023). Namun, di Stasiun Gambir masih banyak pemudik susulan.
Pemudik bersiap untuk mengantre di pintu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta pada Senin (24/4/2023). / Bisnis Indonesia - Fahmi Ahmad Burhan
Pemudik bersiap untuk mengantre di pintu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta pada Senin (24/4/2023). / Bisnis Indonesia - Fahmi Ahmad Burhan

Bisnis.com, JAKARTA – Arus balik lebaran 2023 mulai terjadi pada hari ketiga lebaran atau pada Senin (24/4/2023). Namun, di Stasiun Gambir masih banyak pemudik susulan yang berangkat ke luar Jakarta.

Berdasarkan pantauan Bisnis pada Senin (24/4/2023) pukul 17.30 WIB, ramai calon penumpang kereta api antre di depan pintu keberangkatan Stasiun Gambir. Calon penumpang bersiap masuk ke dalam stasiun sembari menenteng tas maupun koper diiringi oleh seruan pengumuman jadwal keberangkatan oleh petugas stasiun.

Tiap kursi di ruang tunggu stasiun pun hampir penuh diisi oleh para calon penumpang. Di luar area lobby stasiun, masih ramai kendaraan yang menurunkan calon penumpang yang akan berangkat mudik susulan via kereta api.

Salah seorang pemudik, Yoga (34 tahun) memilih mudik waktu arus balik lebaran karena kendala pekerjaan. "Jadwalnya memungkinkan setelah lebaran," ujarnya kepada Bisnis pada Senin (24/4/2023). Ia mudik ke Kediri, Jawa Timur menggunakan kereta api Gajayana.

Calon penumpang kereta api di Stasiun Gambir lainnya Anggy (31 tahun) juga memilih untuk berangkat dari Jakarta pada hari ketiga lebaran. Ia dan keluarga kecilnya berangkat ke Malang, Jawa Timur setelah merayakan idulfitri di tempat keluarga besar lainnya di Bogor, Jawa Barat pada hari H lebaran. "Ini bergiliran saja, sekarang ke Malang," katanya.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sendiri memang mencatat jumlah penumpang keberangkatan dari Jakarta masih ramai. Terdapat sekitar 38.000 penumpang berangkat dari Stasiun Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada hari ini (24/4/2023).

Okupansi penumpang keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen sendiri masih diangka 90 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Di Stasiun Gambir sendiri, volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 14.600 orang dengan layanan 38 kereta api beroperasi.

Di sisi lain, pintu kedatangan di Stasiun Gambir belum seramai pintu keberangkatan berdasarkan pantauan Bisnis pada pukul 17.30 WIB. Meski begitu, arus balik dikatakan sudah mulai berlangsung hari ini.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan bahwa ada sekitar 40.000 penumpang akan tiba di Jakarta pada hari ini di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Adapun, hari ini (24/4/2023) dan Selasa (25/4/2023) diperkirakan akan menjadi puncak arus balik lebaran 2023.

“Mulai 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini terdapat sekitar 40.000 pengguna yang tiba,” kata Eva dalam keteranganya, Senin (24/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper