Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik Penumpang Kereta Api di Daop 2 Bandung Diprediksi Hari Ini

Puncak arus balik penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung diprediksi terjadi pada hari ini, Senin (24/4/4).
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, BANDUNG  — Puncak arus balik penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung diprediksi terjadi pada hari ini, Senin (24/4/4) dengan jumlah penumpang yang datang mencapai angka 17.718 pelanggan.

Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong menjadi dua stasiun dengan kedatangan pelanggan terbanyak mencapai 8.732 dan 4.050 pelanggan KA Jarak Jauh yang datang.

Berdasarkan pantauan sementara, sebanyak 89.367 pelanggan KA Jarak Jauh akan tiba di kedua stasiun tersebut pada periode arus balik, 24 April - 2 Mei nanti.

Manager Humas Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan, menghadapi arus balik, Daop 2 Bandung terus menyiagakan petugas posko untuk pelayanan dan pengamanan baik dari internal maupun eksternal.

"Puncak keberangkatan dari Daop 2 Bandung justru terjadi setelah Lebaran karena dipengaruhi pelanggan KA Argo Parahyangan (Gopar). Berdasarkan pantauan data sementara, terjadi peningkatan sebesar 30% dari rata-rata harian pelanggan KA Gopar selama 3 hari ini (22 - 24 April)," ungkap Mahendro.

Pelanggan juga tetap diimbau untuk menjaga protokol kesehatan selama menunggu di stasiun dan selama di perjalanan.

Selain itu, Daop 2 Bandung juga mengimbau kepada para pelanggan untuk dapat mengatur waktu dengan tidak datang terlalu awal ke stasiun keberangkatan.

Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan pelanggan di stasiun-stasiun keberangkatan.

Meski demikian, pelanggan juga diimbau untuk mengalokasikan waktu yang cukup agar jika terjadi kemacetan saat menuju stasiun, pelanggan tidak tertinggal keretanya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk kembali ke kampung halaman pada masa mudik Lebaran tahun ini,” imbuh Mahendro.

Daop 2 Bandung, pada periode 14 - 23 April telah melayani 136.799 pelanggan KA Jarak Jauh. Angka ini meningkat 37% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebanyak 99.555 pelanggan.

Adapun kota tujuan favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada masa Angkutan Lebaran 2023 yakni Surabaya, Malang, Solo, Semarang, serta Kutoarjo.

Daop 2 Bandung, pada masa Angkutan Lebaran 2023 yang dimulai 14 April sampai 2 Mei mendatang mengoperasikan 505 perjalanan KA Jarak Jauh terdiri dari 448 perjalanan KA reguler dan 57 perjalanan KA tambahan.

Selama 19 hari pelaksanaan masa Angkutan Lebaran 2023, Daop 2 Bandung menyediakan 260.078 tiket tempat duduk. Sampai saat ini, sudah 224.988 tiket tempat duduk atau mencapai 87% yang telah terjual dengan rata-rata keberangkatan per hari mencapai 11.841 pelanggan KA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper