Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H+2 Lebaran, Pemudik dan Penumpang Arus Balik Padati Stasiun Gambir & Pasar Senen

Volume penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tinggi, sementara penumpang yang tiba mulai mengalami peningkatan.
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023) - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023) - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.

Bisnis.com, JAKARTA - Volume penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tinggi, meski telah memasuki hari ketiga Lebaran. Pada saat bersamaan masyarakat yang tiba ke Ibu Kota pun mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan bahwa sekitar 38.000 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Senin (24/4/2023). Jumlah tersebut masih cukup tinggi jika dibandingkan pada masa normal.

Dia menuturkan, pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Senin, 24 April 2023, tingkat okupansi penumpang masih diangka 90 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Hari ini terdapat sekitar 23.400 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 kereta api (KA) yang beroperasi, sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 14.600 dengan layanan 38 KA beroperasi,

“Secara total untuk jadwal keberangkatan 12 sampai 24 April [H-10 hingga H+2] tercatat sekitar 483.000 pengguna jasa berangkat menggunakan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada momen Lebaran,” ujar Eva dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/4/2023).

Dia mengatakan, puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada 18 April sampai 22 April 2023.

Sementara itu, per Senin (24/4/2023), sekitar 628.000 tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit, yakni tanggal 14 April sampai 23 April 2023.

“Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19, 20,21 dan 22 April 2023 di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk mencapai 100 persen,” tutur Eva.

Adapun, sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Sementara itu, angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta pada Senin (24/4/2023) mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini terdapat sekitar 40.000 pengguna yang tiba. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dibandingkan masa normal.

Pada masa angkutan Lebaran 2023, mulai 12 April (H-10) hingga 3 Mei (H+10), secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 juta tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Adapun, dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA tambahan sebanyak 303 KA yang tiketnya sudah dapat dipesan sejak Senin, 13 Maret 2023. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang

Pemesanan tiket angkutan Lebaran sudah dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Selain melakukan persiapan melalui keandalan sarana dan peningkatan jumlah perjalanan melalui KA tambahan, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di stasiun, seperti kursi tunggu dan area bermain anak. Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Lebih lanjut, Eva mengingatkan kembali agar pelanggan KA yang akan mudik agar memperhatikan aturan barang bawaan, yakni volume maksimal adalah 20 kg atau volume 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud, sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm), diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra. Biaya tambahan atas begasi yaitu untuk kelas ekskutif Rp10.000,00 per kg, kelas bisnis Rp 6.000,00 per kg dan kelas ekonomi Rp2.000,00 per kg.

Selain itu, pelanggan KA tidak boleh membawa barang-barang tertentu di dalam bagasi kereta api, di antaranya barang-barang yang mudah terbakar, senjata api/ senjata tajam, narkotika, obat-obatan terlarang dan zat aditif lainnya, benda/barang yang berbau menyengat serta hewan peliharaan.

“Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga diimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA-nya,” kata Eva.

Selain itu, masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online, yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper