Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stasiun Gambir Masih Ramai, Ini Alasan Mudik saat Idulfitri

Sejumlah pemudik di Stasiun Gambir mengatakan alasan mereka baru mudik saat Idulfitri.
Kepadatan pemudik di Stasiun Gambir, Sabtu (22/4/2023). / BISNIS - Ni Luh Angela
Kepadatan pemudik di Stasiun Gambir, Sabtu (22/4/2023). / BISNIS - Ni Luh Angela

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat yang akan melaksanakan mudik terpantau masih memadati Stasiun Gambir pada Hari Raya Idulfitri 1444H/2023 yang jatuh hari ini, Sabtu (22/4/2023).

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, penumpang di area tunggu pintu selatan tampak memenuhi kursi di area tunggu. Sejumlah penumpang mengaku, mereka baru berangkat pada hari ini lantaran sempat kehabisan tiket pada tanggal sebelumnya.

“Berangkat hari ini karena baru dapat tiketnya pas tanggal ini [Sabtu (22/4/2023),” kata Suwartini (50), Sabtu (22/4/2023).

Senada, Firman Maulana, 24, karyawan swasta juga mengaku mendapatkan tiket keberangkatan untuk hari ini, Sabtu (22/4/2023). Firman yang akan berangkat ke Yogyakarta untuk merayakan Lebaran bersama keluarganya itu mengaku sempat kehabisan tiket kereta api.

“Karena dapetnya hari ini, hari sebelumnya full,” ujarnya.

Sementara itu, Jay, 45, menyebut keluarganya sudah memesan tiket jauh sebelum pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa libur Lebaran.

Alasan mereka membeli tiket untuk tanggal 22 April 2023, dengan harapan mobilitas masyarakat baik di kereta api, bis, maupun pesawat jauh lebih sedikit dibandingkan sebelum Lebaran. Namun tampaknya harapan mereka meleset..

“Kebetulan kita juga enggak tahu ya tanggal 19 itu keputusan pemerintah dinyatakan cuti bersama. Kita udah pesan tiket itu di tanggal 22 [April]. Memang kita pikir di 22 itu mulai berkurang, mulai mobilitas penumpang baik itu kereta, bis, dan pesawat, ternyata banyak,” ungkapnya sambil tertawa kecil.

Berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia (Persero), volume penumpang yang berangkat hari ini, Sabtu (22/4/2023) di Stasiun Gambir mencapai sekitar 17.800 dengan layanan 38 KA beroperasi.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyampaikan, pada masa angkutan Lebaran 2023 mulai 12 April hingga 3 Mei 2023, secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 Juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 303 KA, di mana tiketnya sudah dapat dipesan sejak 13 Maret 2023. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang.

Pemesanan tiket angkutan lebaran sudah bisa dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.

“Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (22/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper