Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi Cantas Diluncurkan Saat Uji Coba MLFF di Tol Juni 2024

Aplikasi Cantas akan diluncurkan bersamaan dengan uji coba MLFF di jalan tol pada Juni 2023.
Pengemudi melakukan transaksi di salah satu gerbang tol di Jakarta, Rabu (5/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Pengemudi melakukan transaksi di salah satu gerbang tol di Jakarta, Rabu (5/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meluncurkan aplikasi Cantas yang akan digunakan dalam transaksi nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) di jalan tol pada Juni 2023.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menuturkan bahwa aplikasi tersebut akan diluncurkan pada saat uji coba MLFF yang akan dimulai pada Juni 2023 di Jalan Tol Bali Mandara.

“Cantas ini tetap Juni, diuji coba di Bali dulu,” kata Basuki di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Basuki menuturkan dalam uji coba tersebut, selain memastikan kesiapan aplikasi, nantinya Kementerian PUPR juga akan meninjau legalitas penerapan sistem transaksi tersebut. Dia mengungkapkan pihaknya juga akan meninjau standar penindakan pelanggaran yang terjadi pada saat uji coba dimulai.

“Saya belum tahu [yang menanggung kerugian], tapi mungkin sudah ada tapi saya yang belum tau,” ungkapnya.

Adapun, aplikasi Cantas nantinya akan dikelola oleh badan usaha pelaksana PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) melalui Keputusan Menteri PUPR No PB02.01-Mn/132. 

Badan usaha tersebut dinilai telah memiliki pengalaman untuk mengoperasikan sistem MLFF karena telah lebih dulu diterapkan di Hungaria dan Eropa.

RITS telah meneken perjanjian kerja sama dengan pemerintah sejak 15 Maret 2021 dengan masa konsesi yang selama 9 tahun yang terhitung sejak pertama kali beroperasi. Untuk sistem transaksi itu, investasi yang dikucurkan adalah sebesar Rp4,4 triliun.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR akan memperluas wilayah uji coba transaksi jalan tol nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) pada akhir 2023.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, Ali Rachmadi, menjelaskan untuk uji coba pertama akan dilakukan di Jalan Tol Bali Mandara pada Juni 2023.

Ali menuturkan, selain di Jalan Tol Bali Mandara, Kementerian PUPR telah mengantongi 5 ruas prioritas yang akan kena giliran untuk uji coba MLFF.

"5 ruas prioritas ada di Kalimantan di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jagorawi, JORR, Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Rencana full uji coba yang awal masih Juni. Kita lihat sistemnya sudah teruji apa belum," kata Ali di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper