Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menhub Minta KAI Pasang Metal Detector di Stasiun saat Nataru

Menhub Budi Karya Sumadi meminta KAI untuk melengkapi stasiun dengan metal detector saat Nataru.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 23 Desember 2022  |  14:47 WIB
Menhub Minta KAI Pasang Metal Detector di Stasiun saat Nataru
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi secara spesifik meminta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memasang metal detector di stasiun selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Budi Karya ingin agar calon penumpang kereta api bisa diperiksa secara optimal menggunakan alat tersebut. Tujuannya agar para penumpang bisa merasa lebih aman.

"Jangan sampai pada periode Nataru ini diwarnai oleh insiden yang kurang menyenangkan," ujarnya, Kamis (22/12/2022).

Dia menuturkan KAI bisa menjalin kerja sama dengan TNI/Polri secara aktif untuk menjaga keamanan transportasi. Terlebih, kereta api menjadi salah satu moda favorit bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan karena tepat waktu.

Dia juga menginstruksikan agar dapat meningkatkan utilisasi KA dengan maksimal dan menambah jam operasi. KAI diminta jangan terbuai dengan pujian dan capaian yang telah dilakukan serta selalu melakukan perbaikan.

"Ini juga sesuai dengan arahan presiden menugaskan agar melayani Nataru ini dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan," imbuhnya.

Kemenhub menyebut terjadi kenaikan jumlah penumpang transportasi umum yang sudah mudik sejak H-7 hingga H-4 Natal sebesar 35,23 persen secara tahunan yang totalnya mencapai 593.771 orang.

"Selama 3 hari pemantauan, yakni pada 19-21 Desember 2022, jumlah penumpang mencapai 593.771 orang. Adapun, pada tahun sebelumnya tercatat hanya 439.078 penumpang," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Rabu (21/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api pt kereta api indonesia Kemenhub menhub Natal dan Tahun Baru
Editor : Rio Sandy Pradana

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top