Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenhub Siapkan 127 Terminal Tipe A untuk Libur Nataru

Kemenhub telah menyiapkan 127 terminal tipe A untuk menyambut libur Nataru tahun ini.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 17 Oktober 2022  |  17:06 WIB
Kemenhub Siapkan 127 Terminal Tipe A untuk Libur Nataru
Penumpang bus berkerumun di area pemberangkatan bus Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, sehari menjelang Ramadan 1441 Hijriyah, Kamis (23/4 - 2020). / ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan sebanyak 127 terminal bus tipe A untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Terminal bus menjadi salah satu titik di mana diprediksi terjadinya kepadatan. Apalagi, potensi peningkatan mobilitas masyarakat pada periode libur akhir tahun diprediksi tinggi setelah dua tahun pandemi Covid-19.

"Yang perlu diantisipasi itu peningkatan jumlah penumpang tahun ini, sejalan dengan penurunan jumlah [kasus] Covid-19 dan kebijakan penyelenggaraan [transportasi] dari pemerintah yang menyaratkan vaksin booster," jelas Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pitra Setiawan, Senin (17/10/2022).

Secara terperinci, 127 terminal tipe A kelolaan Kemehub terdiri dari 35 terminal di Sumatra, 64 terminal di Jawa, 7 terminal di Kalimantan, 15 di Sulawesi, serta di Bali dan Nusa Tenggara.

"Tentang kesiapan terminal kita lakukan ramp check bus, kesiapan alat, dan ketersediaan fasilitas utama," jelas Pitra.

Adapun, Ditjen Perhubungan Darat memprediksi sejumlah terminal akan lebih padat dari lainnya seperti Terminal Tipe A Harjamukti Cirebon, Terminal Tipe A Tegal, Terminal Tipe A Bulupitu Purwokerto, dan Terminal Tipe A Bobotsari Purbalingga.

Oleh sebab itu, pengecekan kesiapan dilakukan sekitar dua bulan sebelum periode libur.

Tidak hanya kesiapan prasarana, Kemenhub mengimbau agar para operator bus mulai melakukan persiapan untuk memastikan keamanan dan kelaikan jalan armadanya.

"Dari hasil tinjauan di Terminal Harjamukti hari ini saya mengimbau untuk masyarakat fasilitas terminal yang sudah disiapkan oleh pemerintah dan gunakan angkutan umum apabila ingin ke kota-kota lain. Sedangkan untuk perusahaan bus saya mengimbau kesiapan bus dan driver-nya menjelang nataru tahun ini," ujar Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dikutip dari siaran pers, Minggu (16/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub terminal bus Natal dan Tahun Baru
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top