Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenhub Penumpang di Stasiun Tigaraksa Bisa Meningkat, Ini Penyebabnya

Kemenhub memprediksi jumlah penumpang di Stasiun Tigaraksa meningkat terkait dengan pengembangan yang dilakukan PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN).
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 15 Oktober 2022  |  16:06 WIB
Kemenhub Penumpang di Stasiun Tigaraksa Bisa Meningkat, Ini Penyebabnya
Sejumlah penumpang kereta rel listrik (KRL) berada di stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, BOGOR - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi adanya peningkatan volume penumpang KRL pada line Rangkasbitung setelah adanya pengembangan Stasiun Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, oleh PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN).

Pengembangan oleh Agung Podomoro Land atau APL merupakan hasil kerja sama antara swasta, BUMN (PT Kereta Api Indonesia), Pemerintah Kabupaten Bogor, dan Kemenhub.

Pengembangan yang dilakukan pada Stasiun Tigaraksa nantinya berbentuk stasiun ekstensi guna menghubungkan kawasan permukiman Kota Podomoro Tenjo, Kabupaten Bogor, dan sekitarnya dengan stasiun KRL.

"Itu jelas. Pasti berpengaruh [terhadap kenaikan volume penumpang]," jelas Plt. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi setelah acara Pencanangan Stasiun Esktensi Tigaraksa dan Flyover Tenjo di Kota Podomoro Tenjo, Kabupaten Bogor, Sabtu (15/10/2022).

Zulmafendi juga mengatakan kini pemerintah tengah melanjutkan pengembangan Stasiun Rangkasbitung untuk meningkatkan mobilitas di daerah Banten. Seperti diketahui, Stasiun Tigaraksa maupun Stasiun Tenjo berada di line KRL Rangkasbitung.

"Kita juga kan sedang melaksanakan peningkatan Stasiun Rangkasbitung dan frekuensi kereta akan meningkat," lanjutnya.

Berdasarkan catatan PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI, terdapat 218 perjalanan pada lintas Rangkasbitung yang dioperasikan untuk relasi Tanah Abang–Serpong/Parung Panjang/Rangkasbitung PP.

Sementara itu, rata-rata volume penumpang KRL Jabodetabek pada September 2022 lalu tercatat naik menjadi 673.915 penumpang setiap harinya. Angka tersebut naik sebesra 10 persen dibandingkan rata-rata Agustus 2022 yakni 613.423 orang.

Selain itu, peningkatan aksesibilitas dari dan menuju Kota Podomoro Tenjo akan didukung dengan adanyan Flyover Tenjo sepanjang 270 meter (m). Flyover ini nantinya akan menghubungkan Tol Serpong–Balaraja (Gerbang Tol Cileles) ke kawasan transit berorientasi Transit Oriented Development (TOD) di Kota Podomoro Tenjo, Kabupaten Bogor.

Nantinya, konstruksi Stasiun Ekstensi Tigaraksa dan Flyover Tenjo ditargetkan rampung pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub stasiun krl
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top