Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi AS Juli 2022 Sentuh 8,5 Persen, di Bawah Proyeksi Analis!

Departemen Tenaga Kerja AS mencatat indeks harga konsumen (CPI) AS naik 8,5 persen pada Juli 2022 dari periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  19:34 WIB
Inflasi AS Juli 2022 Sentuh 8,5  Persen, di Bawah Proyeksi Analis!
Seorang warga tengah berbelanja kebutuhan makanan di salah satu pusat perbelanjaan Amerika Serikat (AS). - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Inflasi Amerika Serikat mulai melandai pada bulan Juli 2022 dan berada di bawah ekspektasi analis.

Dilansir Bloomberg pada Rabu (10/8/2022), Departemen Tenaga Kerja AS mencatat indeks harga konsumen (CPI) AS naik 8,5 persen pada Juli 2022 dari periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).

CPI AS ini lebih rendah dari bulan Juni 2022 yang mencapai level tertinggi sejak 1981 di 9,1 persen.

Dibandingkan bulan sebelumnya, CPI AS tercatat stagnan. Adapun CPI inti, yang menghilangkan komponen makanan dan energi yang lebih mudah berubah, naik 0,3 persen mom dan 5,9 persen yoy.

Angka inflasi ini bawah median proyeksi ekonom dalam survei Bloomberg yang memperkirakan CPI AS naik 8,7 persen pada Juli. Adapun CPI inti diperkirakan naik 6,1 persen.

Sebelumnya, analis memperkirakan inflasi AS akan melandai tetapi masih tetap tinggi pada bulan Juli, sedangkan inflasi inti diperkirakan meningkat secara tahunan. Bagaimana data inflasi memengaruhi pandangan tentang laju pengetatan the Fed akan menjadi kunci terhadap sentimen risiko.

Analis pasar senior Oanda Craig Erlam mengatkaan data inflasi hari ini dapat mengatur sentimen terhadap untuk pasar untuk sisa bulan di tahun ini.

“Angka yang lebih rendah dari perkiraan bisa menjadi penarik utama bagi pasar sementara apa pun di sekitar atau di atas angka Juni dapat memicu pembalikan risiko besar di pasar karena proyeksi kenaikan suku bunga bergeser ke 75 atau 100 basis poin,” ungkap Erlam sebelum rilis data inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi inflasi inti ekonomi as cpi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top