Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bebas Biaya PJP4U di Bandara AP I dan AP II, Kemenhub: Belum Ada Rencana

Kemenhub menegaskan belum ada rencana untuk melakukan bebas biaya PJP4U di bandara yang dikelola AP I dan AP II.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  19:02 WIB
Bebas Biaya PJP4U di Bandara AP I dan AP II, Kemenhub: Belum Ada Rencana
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. - AP2
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum ada rencana untuk melakukan relaksasi biaya Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan kebijakan menggratiskan biaya parkir pesawat di bandara Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kemenhub diarahkan untuk meringankan pembayaran maskapai dari sisi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kebijakan tersebut, lanjutnya, hanya dapat dilakukan di bandara yang dikelola oleh pemerintah karena tujuannya untuk meniadakan atau membuat nol PNBP yang mesti disetor oleh maskapai.

"Jika kebijakan Rp0 diperluas ke Badan Usaha Bandar Udara atau BUBU maka harus ada pembahasan terpisah. Sampai saat ini, belum ada wacana itu," jelasnya, Rabu (3/8/2022).

Adapun, Indonesia National Air Carrier atau INACA juga menilai kebijakan pembebasan biaya PJP4U yang bersifat terbatas di bandara UPBU akan sulit apabila diperluas.

Ketua Umum lNACA Denon Prawiraatmadja menilai insentif kebijakan tersebut perlu direspons secara positif. Pasalnya dengan penerbitan kebijakan tersebut dia menilai ada upaya serius dari pemerintah untuk mengurangi beban operasi maskapai.

"Biaya parkir pesawat juga menjadi beban maskapai di tengah tantangan naiknya harga avtur dan kurs dolar AS," ujarnya.

Denon tak menampik kalau maskapai yang menerbangi rute di bandara milik Kemenhub masih terbatas dan tidak sebanyak di bandara baik milik AP I dan AP II.

AP I dan AP II, sebutnya, sedang dalam kondisi yang berat untuk memulihkan kinerjanya. Bahkan kedua operator pelat merah tersebut sudah menaikkan tarif Passenger Service Charge (PSC) untuk menjaga tingkat keamanan dan pelayanan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara Kemenhub inaca maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top