Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bebas Biaya Parkir Pesawat, Pengamat: Tak Signifikan Bantu Maskapai

Pengamat dari Japri menilai kebijakan bebas biaya parkir di bandara UPBU dinilai tak signifikan dalam membantu maskapai.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  15:21 WIB
Bebas Biaya Parkir Pesawat, Pengamat: Tak Signifikan Bantu Maskapai
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan bebas biaya Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) yang termasuk parkir pesawat dinilai tak signifikan dalam meringankan beban maskapai.

Pemerhati penerbangan dari Jaringan Penerbangan Indonesia (JAPRI) Gerry Soedjatman menjelaskan bahwa pembebasan biaya parkir tersebut hanya untuk bandara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Meringankan iya, tetapi itu porsi kecil dari biaya operasional," ujarnya, Rabu (3/8/2022).

Gerry berpendapat justru dampak positif dari kebijakan in lebih mengarah kepada insentif untuk pengembangan konektivitas non-subsidi dari atau ke bandara UPBU tersebut. Sebab selama ini selisih biaya potensial untuk membuka rute baru di wilayah UPBU cukup tipis.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan kebijakan pengenaan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp0 atau nol persen terhadap PJP4U yang berlaku di Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) melalui Keputusan Dirjen Perhubungan Udara No. 14/ 2022.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono menuturkan dengan diberlakukannya ketentuan ini maka badan usaha angkutan udara atau maskapai bisa menikmati tarif nol rupiah untuk jasa pendaratan, penempatan dan penyimpanan pesawat udara yang hanya berlaku di UPBU.

"Tarif PNBP nol rupiah ini diberikan kepada Badan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal yang beroperasi secara nyata melayani rute penerbangan dari dan/atau ke bandar udara yang dikelola oleh UPBU di lingkungan Ditjen Perhubungan Udara, kecuali untuk angkutan udara perintis," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (2/8/2022).

Selanjutnya, pengenaan tarif nol rupiah diberikan sesuai dengan jam operasional masing-masing bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara maskapai penerbangan Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top