Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Biang Kerok Proyek Infrastruktur Sepi Peminat Jelang Akhir Jabatan Jokowi

Proyek infrastruktur dari pemerintah dinilai sepi peminat dari investor menjelang akhir masa jabatan Presiden Jokowi.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  15:22 WIB
Ini Biang Kerok Proyek Infrastruktur Sepi Peminat Jelang Akhir Jabatan Jokowi
Foto udara Simpang Susun Cileunyi penghubung tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek infrastruktur dari pemerintah dinilai sepi peminat dari investor menjelang akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2024.

Fokus pemerintah untuk tidak meninggalkan proyek mangkrak pada saat akhir pemerintah Presiden Joko Widodo pada 2024 dinilai akan membuat pengaruh besar terhadap minat investor untuk menggarap proyek-proyek infrastruktur baru.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Yoga mengatakan pemerintah dinilai perlu untuk lebih fokus pada penyelesaian proyek-proyek infrastruktur yang tengah berjalan. Menurutnya dengan proyek baru justru akan membuat fokus pemerintah untuk tidak meninggalkan proyek mangkrak menjadi terpecah.

"Begitu pula para investor lebih aman menahan diri untuk tidak masuk ke proyek-proyek baru, dan lebih baik memilih fokus menuntaskan proyek yang sedang berjalan dan menargetkan semua selesai sampai dengan akhir 2024," ujarnya, Senin (4/7/2022).

Kendati demikian, Nirwono mengatakan pemerintah bisa tetap menarik minat investor terhadap proyek-proyek baru. Namun dengan catatan adalah proyek yang ditawarkan merupakan yang jangka pendek.

Dia mengungkapkan dalam tahun politik pada 2022–2024 investor swasta akan cenderung menahan diri untuk berinvestasi.

"Pemerintah hanya bisa menawarkan proyek-proyek yang jangka pendek untuk kembali modal sebelum 2024 kepada para investor swasta, karena pemerintah sendiri tidak bisa menjamin apakah akan ada perubahan arah kebijakan pasca 2024 nanti,” sebutnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menawarkan 26 proyek infrastruktur dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pada 2023.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan dari 26 proyek KPBU yang ditawarkan di 2023, 10 di antaranya masuk tahap penyiapan dengan total nilai Rp38,83 triliun, sedangkan 16 proyek sisanya masuk dalam tahap transaksi dengan total nilai Rp126,85 triliun.

“Harapannya tahun ini studi sama kesiapannya [proyek KPBU] selesai,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur proyek infrastruktur Jokowi investor
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top