Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mendag Zulhas Janji Harga Minyak Goreng Curah Rp14.000 dalam 2 Pekan

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan dalam 2 minggu ini minyak goreng curah akan stabil di harga Rp14.000 per liter.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  10:30 WIB
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengecek harga minyak goreng curah saat mengunjungi Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022 / Dokumen Biro Humas Kemendag.
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengecek harga minyak goreng curah saat mengunjungi Pasar Cibubur, Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022 / Dokumen Biro Humas Kemendag.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan dalam 2 minggu ini minyak goreng curah akan stabil di harga Rp14.000 di Jawa, Sumatra dan Bali. Menurutnya, distribusi minyak goreng curah saat ini sudah lebih dari kebutuhan yaitu 300.000 ton per bulan.

“Barangnya ada, bahkan cukup, minyak curah dengan harga Rp14 ribu. Jadi saya meyakini 2 minggu ini stabil meski targetnya 1 bulan, tapi 2 minggu ini tidak ada lagi yang ribut minyak,” kata Zulhas kepada awak media di Pasar Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022).

Saat ini berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan, minyak goreng curah rata-rata masih di angka Rp16.500 per liter.

Zulhas juga menuturkan akan ada minyak goreng curah dengan kemasan sederhana yang dibanderol Rp 14.000/liter. Saat ini pihaknya sedang mengurus izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sekarang kami sedang urus persyaratannya akan ada namanya nanti minyak curah dikemas sederhana," ujarnya.

Dia mengungkapkan model kemasan minyak goreng curah tersebut sudah disiapkan. Bahkan dia sudah menyiapkan nama dalam kemasan dari minyak goreng tersebut. Minyak curah yang beredar nantinya bermerek ‘Minyak Kita’ yang tertera harganya Rp14.000.

"Iya Minyak Kita betul, memang nanti Minyak Kita. Tetapi ini kan harus ada izin edarnya dari BPOM, nanti Minyak Kita [kemasannya] yang berdiri tetapi bukan yang tidur. kalau yang tidur takut bocor. Jadi lebih bagus. Itu nanti ditulis di depannya Minyak Kita Rp 14.000," kata Zulhas.

Menurutnya, dengan minyak curah yang akan dikemas tersebut akan lebih mudah dijual, seperti masuk ke minimarket.

"Nah ini kalau sudah masuk ke masyarakat bisa masuk ke mana-mana. Kan tidak harus di penampungan seperti kalau curah kan harus dituang seperti itu," jelasnya.

Sementara harga minyak goreng curah akan diupayakan sebesar Rp 14.000/liter di pasaran. Namun Zulhas menjelaskan, harga itu untuk sampai ke distributor.

"Nanti kita sampaikan ke publik di mana dapat Rp14 ribu itu. Kita akan iklan layanan masyarakat itu nanti kita akan push itu sudah ada namanya task force atau crisis center kalau ada masalah itu akan jalan all out habis habisan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag mendag minyak goreng zulkifli hasan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top