Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Ini Tanggal Favorit Arus Mudik Lebaran Pakai Kereta Api

KAI menuturkan tanggal favorit mudik Lebaran pengguna moda kereta api.
Pemudik menunggu kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pemudik menunggu kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan bahwa 45 persen dari tiket kereta api untuk mudik Lebaran tahun ini sudah dipesan. Tiket kereta api paling banyak dipesan untuk perjalanan H-2 dan H+4 Idulfitri, yang jatuh pada 2 Mei 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa pemesanan tiket kereta api untuk angkutan mudik Lebaran sudah dibuka sejak awal April lalu. Sampai dengan hari ini, Selasa (19/4/2022), pemesanan tiket kereta api untuk sebelum Idulfitri paling banyak untuk keberangkatan pada 30 April 2022, atau H-2 Idulfitri. Sebesar 67 persen dari tempat duduk yang disediakan untuk angkutan mudik sudah dipesan.

"Kalau bicara angka [pemesanan] tertinggi [sebelum] Lebaran atau arus mudik itu pada H-2 atau 30 April. Kami lihat [pemesanan] sudah mencapai 67 persen dari total yang disediakan," ujar Joni pada saat media briefing, Selasa (19/4/2022).

Sementara itu, tiket juga paling banyak dipesan untuk keberangkatan 7 Mei 2022 atau sekitar H+4 Idulfitri. Sebanyak 112.000 tiket disiapkan untuk keberangkatan pada saat itu, dan 60 persen di antaranya sudah dipesan oleh masyarakat.

Adapun, tiket kereta api jarak jauh untuk angkutan mudik Lebaran 2022 secara keseluruhan sudah terjual 45 persen, dari total 2,4 juta tempat duduk yang disediakan. Sampai dengan hari ini, Selasa (19/4/2022), tiket yang sudah terjual yakni sekitar 1,1 juta tiket dari kuota yang disediakan.

"Sampai dengan tanggal 19 April, sudah terupdate dari total 2,4 juta [tempat duduk] sudah terjual sekitar 1.102.000 tempat duduk atau 45 persen. Artinya, ini akan masih cukup banyak tersedia," tutur Joni.

Joni menjelaskan bahwa total kapasitas tempat duduk untuk kereta api jarak jauh yang disediakan selama angkutan lebaran mencapai 4,7 juta tempat duduk. Di antaranya, 2,4 juta tempat duduk khusus angkutan mudim lebaran pada kereta api reguler maupun tambahan. Secara rata-rata, terdapat 112.595 tempat duduk yang disediakan untuk angkutan mudik setiap harinya.

Adapun, KAI menetapkan masa angkutan Lebaran mulai dari 22 April 2022 sampai dengan 13 Mei 2022 atau sepanjang 22 hari. Selama periode tersebut, terdapat 3.680 perjalanan kereta api jarak jauh yang dioperasikan atau sebanyak 167 perjalanan kereta api jarak jauh secara rata-rata setiap harinya.

Selain itu, terdapat total 770 perjalanan kereta api jarak jauh tambahan yang dioperasikan atau 35 perjalanan kereta api secara rata-rata setiap harinya.

"Lalu kapasitas tempat duduk KA tambahan total sebanyak 423.192 tempat duduk atau rata-rata 19.236 tempat duduk per hari. Ada Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Sindoro, dan Argo Muria tambahan dan lainnya," jelas Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper