Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penutupan IHSG 2021, Menko Airlangga: Waspada, Dampak Krisis Evergrande Lebih Terasa 2022

Tren pemulihan ekonomi akan berlanjut dengan baik pada tahun depan. Capaian pertumbuhan ekonomi kuartal III/2021 yang terjaga di 3,5 persen dengan adanya hantaman besar Covid-19 varian delta.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  16:19 WIB
Pekerja melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pekerja melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai bahwa efek krisis properti Evergrande di China akan terasa pada tahun depan. Hal tersebut perlu diwaspadai oleh Indonesia.

Airlangga menilai bahwa terdapat berbagai dinamika perekonomian global yang dapat menjadi tantangan bagi Indonesia. Salah satunya adalah krisis properti yang terjadi di Negeri Tirai Bambu akibat kasus gagal bayar Evergrande.

"Evergrande yang magnitude-nya US$300 miliar dan diperkirakan efeknya akan lebih terasa pada 2022," ujar Airlangga dalam peresmian penutupan perdagangan PT Bursa Efek Indonesia tahun 2021, Kamis (30/12/2021).

Hal tersebut perlu diwaspadai oleh Indonesia, bersamaan dengan berbagai isu seperti kenaikan harga energi, disrupsi rantai pasok global, hingga potensi tapering oleh The Fed. Indonesia harus memilih strategi optimal untuk meredam dampak dinamika global, agar tidak menghambat pemulihan ekonomi nasional.

Airlangga sendiri memiliki keyakinan bahwa tren pemulihan ekonomi akan berlanjut dengan baik pada tahun depan. Dia berkaca dari capaian pertumbuhan ekonomi kuartal III/2021 yang terjaga di 3,5 persen dengan adanya hantaman besar Covid-19 varian delta.

"Kita melihat ada omicron di berbagai negara. Namun, kita melihat bahwa resiliensi kesehatan kita cukup kuat. Pengendalian pandemi menjadi kunci pemulihan ekonomi," ujarnya.

Dengan upaya yang telah berjalan dan persiapan yang ada, Airlangga optimistis pertumbuhan ekonomi 2022 bisa mencapai 5,2 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG airlangga hartarto Evergrande
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top